Disnakertrans Sulut Tuntaskan 43 Kasus

Edwin Roring SEEdwin Roring SE

Manado - Kadisnakertrans Sulut Edwin Roring SE menyebutkan, hingga akhir tahun 2014 lalu, pihaknya telah menyelesaikan 43 kasus ketenagakerjaan di Sulut.

Dikatakannya, dari 43 kasus yang ditangani ini, 2 kasus yang diserahkan ke Kota Tomohon dan Manado untuk diselesaikan, selain itu ke bidang pengawasan sebanyak 2 kasus, serta 1 kasus tidak diproses karena selesai secara bipartit. "Namun 5 kasus ini dapat dituntaskan,"terangnya.

Menurut Roring, Disnakertrans Sulut berfungsio sebagai fasilitator dalam memediasi segala persoalan yang terkait ketenagakerjaan di Sulut, namun untuk masalah di kabupaten/kota merupakan wewenang daerah tersebut.

"Dari 43 kasus ini sekitar 29 kasus ada perjanjian bersama antara perusahaan dan tenaga kerja, namun 8 kasus diantaranya masuk dalam anjuran tertulis ke ranah hukum,"tambahnya.

Ditegaskan, semua masalah dapat diselesaikan, bila Kabupaten/Kota memerlukan mediator silahkan ke Provinsi, agar semua masalah ketenagkerjaan dapat tuntas, serta hubungan perusahaan dan tenaga kerja tetap terjalin dengan baik, dan dunia usaha termasuk angka pengganguran dapat terus terjadi penurunan. (tim/sulutonline).