LAKIP Penting Demi Menunjang Sistem Pengawasan

Wagub Kansil saat sosialisasi Paraturan Menpan-RB RI No. 53 Tahun 2014Wagub Kansil saat sosialisasi Paraturan Menpan-RB RI No. 53 Tahun 2014

Manado-Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil menyatakan, keberhasilan Pemprov Sulut terbaik dalam bidang akuntabilitas, dengan meraih predikat “B” selama Dua tahun berturut-turut atas laporan kinerja instansi pemerintah (LAKIP), menjadi salah satu motivasi kita untuk terus meningkatkan kinerja aparatur pemerintah di daerah ini.

Demikian pernyataan orang nomor dua di Sulut ini disampaikan saat membuka sosialisasi Paraturan Menpan-RB RI No. 53 Tahun 2014 tentang petunjuk teknis perjanjian kinerja, pelaporan kinerja dan tata cara Reviu atas LAKIP, di ruang Mapaluse kantor gubernur, Selasa (24/02/2015).

“Peran LAKIP ini sangat penting dalam menunjang sistem pengawasan lain, khususnya terhadap pengelolaan keuangan dan kinerja, sehingga dapat mendukung upaya Pemerintah Provinsi Sulut dalam mencapai Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dengan tanpa catatan atas pengelolaan keuangan daerah dari BPK-RI,”ingatnya.

Karenanya Wagub minta agar setelah selesai pelaksanaan sosialisasi ini segera melakukan sosialisasi kepada seluruh pegawai di SKPD agar nantinya menjadi tahu cara membuat dokumen laporan kinerja intansi pemerintah dan dokumen perjanjian kinerja.

Sementara Karo Organisasi Setdaprov Sulut Jemmy Ringkuangan AP MSi mengatakan, berlakunya Peraturan Menpan-RB 53 Tahun 2014, sebagai penganti Paraturan Menpan-RB N0. 29 Tahun 2010 Tentang pedoman penyusunan penetapan kinerja dan pelaporan akuntansi kinerja instansi pemerintah.

“Maksud dan tujuan sosialisasi ini selain untuk meyamakan persepsi dari penyelenggaran LAKIP tapi juga untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman kepada Kepala SKPD dan tim pengelola LAKIP dan penyusunan dokumen yang benar, untuk taat asas dan taat waktu,”katanya.

Turut hadir Kabid Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan Kemenpan-RB RI Dra Endang Purwaningsig sekaligus menjadi pemberi materi.(tim/sulutonline).