SHS Kunjungi Desa Korban Kerusuhan 1999 Ambon

SHS saat menyalami warga desa Waai AmbonSHS saat menyalami warga desa Waai Ambon

Manado-Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) dalam kunjungannya ke Ambon untuk mengikuti Rakernas APPSI, (26-27 Februari 2015) juga melakukan kunjungan di desa Waai Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.

Dikatakan Juru Bicara Pemprov Sulut Drs Yahya Rondonuwu, desa Waai ini merupakan salah satu wilayah korban kerusuhan 1999, dimana terdapat ratusan masyarakat yang meninggal saat kejadian tersebut.

“SHS saat itu merupakan penjabat Gubernur Maluku yang melakukan upaya - upaya perdamaian dan mengajak kembali masyarakat untuk tinggal dan membangun desa Waai dalam suasana persaudaraan dan melupakan peristiwa duka yang melanda kampung Waai tersebut,”terangnya.
SHS memandangi foto dirinya yang terpajang di Monumen Gong Perdamaian Dunia di Ambon
Diungkapkan Rondonuwu, dalam kunjungan tersebut, terlihat jelas masyarakat setempat sangat antusias menyambut Gubernur SHS " Beta senang bertemu ale samua, beta pulang dulu ya ... nanti ka torang baku dapa lagi" ucap SHS menyalami warga desa Waai sesaat sebelum meninggalkan wilayah tersebut.

Selain itu, rombongan gubernur Sulut juga mengungungi Monumen Gong Perdamaian Dunia di Ambon. Menariknya, diantara jejeran foto dokumentasi, terlihat jelas foto DR Sinyo Harry Sarundajang diberi page lebih banyak, menyusul tokoh pluralisme asal Minahasa ini, mampu mendamaikan warga dalam pertikaian Ambon waktu lalu.
 SHS bersama rombongan saat mengunjungi Monumen Gong Perdamaian di Ambon
Turut mendampingi gubernur, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Jhon Palandung, Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Dra Lynda Watania, Kepala Biro Hukum Marcel Sendoh SH, Kepala Biro Organisasi Jemmy Ringkuangan dan Kabag Protokol Drs Jackson Ruaw.(tim/sulutonline).