Kemendagri Serahkan 4 Segmen Batas Wilayah

Dra Lynda Deasy WataniaDra Lynda Deasy Watania

“Kado Dipenghujung Jabatan SHS-Kansil”

Manado-Komitmen Gubernur DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) dan Wakil Gubernur DR Djouhari Kansil untuk menuntaskan semua permasalahan batas wilayah di Sulut, terus membuahkan hasil gemilang.

Buktinya, Kamis (05/03/2015) Kemendagri telah menyerahkan, 4 segmen batas antar daerah di Sulut berikut Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) yang diterima Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Dra Lynda Watania.

Penyerahan ke - 4 Permendagri tersebut berlangsung di Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum (Ditjen PUM) Kemendagri jalan raya Kebon Siri Jakarta, yang di terima langsung Karo Lynda Watania serta turut di saksikan Kabag Pemerintahan Boslar Sanger SE, Kabag Otda Dra Yurike Moningka MSi, Kasubag Dekon dan TB Christian Iroth SSTP, Kasubag Pemerintahan Umum Jenny Paomey SSTP dan Kasubag Dukcapil, Drs Tonny Panungkelan.

Watania mengatakan, dari 18 segeman batas yang ada di Provinsi Sulut, 10 segmen batas telah tuntas penyelesaiannya karena sudah mendapatkan Permendagri termasuk 4 segmen batas yang diterima terakhir ini. Sedangkan 8 segmen batas lainnya, 3 segmen batas sementara dalam proses Permendagri di antaranya Manado-Minut, Bitung-Minut dan Mitra Boltim.

“Yang masih dalam tahap fasilitasi oleh Pemprov Sulut yaitu Tomohon -Minahasa serta Minahasa- Minsel,”jelas Watania.

Untuk itu, kepada 4 Kabupaten/kota yang belum menyelesaikan batas wilayahnya yaitu Minahasa-Tomohon dan Minahasa-Minsel, Watania berharap pemerintah daerah masing-masing segera menyelesaikannya, karena hal tersebut berkaitan dengan kesejahteraan bagi masyarakat yang tinggal di perbatasan wilayah masing-masing antara lain seperti kejelasan status kependudukan, pengurusan ijin usaha serta secara otomatis kepercayaan masyarakat akan semakin tenang dalam aktifitasnya sehari-hari.

Kabag Pemerintahan Boslar Sanger menambahkan, 4 segmen batas yang telah menerima Permendagri RI yakni, Permendagri 10 thn 2015 tentang batas daerah Bolmong dengan Minsel. Permendagri 11 thn 2015 batas daerah Minahasa dengan Mitra. Permendagri 12 tahun 2015 batas daerah Boltim dengan Bolsel. Permendagri 13 thn 2015 batas daerah Kota Kotamobagu dengan Boltim.(tim/sulutonline).