Sulut Siaga 3, Lokon, Soputan, Karangetang Bereaksi

Aktivitas gunung Soputan terus meningkat (Foto Ist)Aktivitas gunung Soputan terus meningkat (Foto Ist)

BPBD Ingatkan Warga Sekitar Gunung Waspada

Manado-Posisi Sulut yang berada di bibir Pasific, bukan hanya memberikan peluang yang sangat menguntungkan, tapi juga ancaman bencana. Menyusul, 3 gunung berapi di Sulut, masing-masing Lokon, Soputan dan Karangetang, secara bersamaan menunjukan reaksi.

Sebelumnya, pada Sabtu, (07/03,2015), sekitar pukul 17.09 terjadi letusan Gunung Soputan dengan ketinggian material vulkanis 4.500 meter yang mengarah ke Tenggara. Awan panas bertiup ke arah Barat dengan jarak luncur sekitar 2.500 meter.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan persnya menyebutkan, dari 127 gunung api aktif di Indonesia, Lima di antaranya saat ini berstatus siaga (level 3), yaitu Gunung Soputan, Gamalama, Sinabung, Karangetang, dan Lokon. Selain itu, ada 15 gunung berstatus waspada (level 2).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut Ir Noldy Liow, kepada wartawan, Senin (09/03/2015), mengingatkan agar warga yang bermukim disekitar ke Tiga gunung berapi tersebut untuk tetap waspada. Sebab, kemungkinan terjadi letusan secara tiba-tiba bisa saja terjadi.

"Radius bahaya ditetapkan untuk menghindari terjadinya korban jiwa bila terjadi letusan secara tiba-tiba. Mudah-mudahan hal ini bisa dipahami warga sekitar gunung berapi tersebut,"ingatnya.

Liow menambahkan, pihaknya setiap saat terus melakukan koordinasi dengan Tiga pos gunung api tersebut intensif. Bila terjadi peningkatan aktivitas secara tiba-tiba, BPBD Sulut akan menindaklanjutinya dengan memberikan informasi kepada pemerintah kabupaten dan kota bersangkutan.(tim/sulutonline).