Besok, SHS Laporkan SPT ke KPP

Gubernur DR Sinyo Harry SarundajangGubernur DR Sinyo Harry Sarundajang

Manado-Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS), diagendakan akan menunaikan kewajibannya sebagai warga negara Indonesia (WNI) yang baik dan taat pajak.

“Besok Jumat (13/03/2015), pukul 08.30 wita, pak Gubernur Sulut, akan mengisi langsung formulir Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan pribadi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Manado,”ungkap juru bicara Pemprov Sulut Drs Yahya Rondonuwu, Kamis, (12/03/2015) .

Langkah Gubernur ini dilakukan untuk memberikan comtoh bagaimana menjadi WNI yang baik dan taat pajak. Menyusul amanat perundang-undangan perpajakan dalam SPT tercantum dalam Pasal 3 ayat 1 UU KUP. SPT adalah surat yang oleh Wajib Pajak (WP) digunakan untuk melaporkan penghitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak dan/atau bukan objek pajak, dan/atau harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan per-UU-an Pajak.

Pasal 3 ayat (2) UU KUP menyatakan, WP mengambil sendiri SPT ditempat yang ditetapkan oleh Dirjen (pada kantor DJP atau tempat lain yg diperkirakan mudah terjangkau oleh WP) atau mengambil dengan cara lain yang tata cara pelaksanaannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

Dalam PMK No. 181/PMK.03/2007 tgl 28-12- 2007 diatur :SPT berbentuk formulir kertas (hardcopy) dapat diambil secara langsung di tempat yang ditetapkan oleh Dirjen Pajak.SPT berbentuk e-SPT dapat diambil secara langsung oleh WP dengan cara mengunduh format SPT atau aplikasi e-SPT dari situs DJP. (tim/sulutonline).