Pemprov Pertegas Pelestarian Lingkungan Hidup

Sekdaprov Sulut saat acara MPS dan PPSPSekdaprov Sulut saat acara MPS dan PPSP

Mokodongan Buka Lokakarya MPS dan PPSP Sulut

Manado-
Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut Ir Siswa R Mokodongan, Rabu (18/03/2015), membuka acara Kikc Off Meeting dan lokakarya Memorandum Program Sanitasi (MPS) dan Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) di Sulut.

Sekdaprov mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan guna pelestarian lingkungan hidup terkait dengan akses penduduk terhadap layanan sanitasi yang layak. “Setiap Kabupaten kota diharapkan penyusunan momerandum program sanitasi dan melaksanakan penyusunan dokumen perencanaan sanitasi. Pemprov sendiri, akan mengawal pengelolaan pembangunan sanitasi disetiap daerah kabupaten kota di Sulut,”katanya.

Dikatakan, keberhasilan kabupaten kota dalam penhusunan strategi perencaan pembangunan sanitasi tidak lepas dari peran pendampingan yang terus dilakukan provinsi. Tahun ini pihak pemprov berharap pelaksanan PPSP di kabupaten kota dapat berjalan dengan baik.

Demi kelancaran hal tersebut pemprov Sulut melaksanakan pertemuan dengan pimpinan kabupaten kota se Sulut untuk menyamakan persepsi dan menandatangani kesepakatan MPS tentang pengolaan PPSP serta peran dan fungsi masing-masing pelaku utama pokja sanitasi provinsi dan kabupaten kota bersama fasilitator sekaligus sebagai sarana komunikasi, sinkronisasi, koordinasi, advokasi serta peningkatan kapasitas kelembagaan pokja sanitasi di Sulut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kabupaten Minahasa, Wakil Bupati Sitaro, Wakil Bupati Bolmut dan sejumlah Sekretaris Daerah Kabupaten Kota se Sulut. (tim/sulutonline).