Indonesia Timur Prospek Eksploitasi dan Eksplorasi Sumber Daya Migas

Kansil saat membuka seminar prospek sumber daya alam (SDA) minyak dan gas (migas) laut di kawasan perbatasan SulutKansil saat membuka seminar prospek sumber daya alam (SDA) minyak dan gas (migas) laut di kawasan perbatasan Sulut

Wagub Buka Seminar SDA Migas Wilayah Perbatasan

Manado-Wakil Gubernur (Wagub) Sulut mengatakan, wilayah Indonesia Timur menjadi prospek positif eksploitasi dan eksplorasi sumber daya migas di laut, mengingat potensi yang dimilikinya seperti laut Sulawesi termasuk kawasan perbatasan Sulut. Untuk itu, perlu dikumpulkan data dan informasi untuk dikaji dan diteliti secara komprehensif.

“Jika ada, tentunya akan mampu menaikan Lifting sumber daya migas di Indonesia, sekaligus membuka cakrawala pemanfaatan potensi wilayah perbatasan yang sangat menjanjikan,” tandas Kansil saat membuka seminar prospek sumber daya alam (SDA) minyak dan gas (migas) laut di kawasan perbatasan Sulut, Selasa (24/03/2015) di aula Mapaluse kantor Gubernur.

Kaban Pengelola Perbatasan Sulut Dr Ir Ricky Toemanduk MSi mengakui, maksud dan tujuan seminar ini, untuk mencari data dan informasi SDA yang baru dalam hal ini migas yang berada di laut untuk menunjang ekonomi daerah di kawasan antara Negara.

Selain itu, untuk menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan di wilayah perbatasan provinsi Sulut dengan arah strategi, kebijakan, prioritas dan sasaran agenda RPJM Nasional 2015-1019.

Toemanduk menambahkan kegiatan ini diikuti Kasrem 131 Santiago Kol Puji C, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Jhon Palandung, Akademisi Unsrat Prof Dr Charles Kepel, Dr Magdalena Wullur, Dr Vecky Masinambow, Dr Toar Palilingan dan Ir Noviati MURP, dan SKPD terkait provinsi dan kabupaten/Kota.

Sementara, nara sumber Deputy Infrastruktur informasi Geospasial pada Badan informasi Geospasial RI Dr Yusuf Suracman Djajadiharja serta Kaban Geologi nasional Kementerian ESDM RI Dr Surono. (tim/sulutonline)