Tiongkok Siapkan Dana 35 Triliun Bangun KEK Bitung

SHSSHS

SHS Tantadatangan MoA di Tiongkok

Manado-
Luar biasa ! perjuangan Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) untuk mewujudkan Sulut sebagai pintu gerbang di kawasan Asia Pasific, segera terwujud. Pemerintah Tiongkok telah menyiapkan dana sekira Rp 35 Triliun untuk pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

Mimpi SHS Sulut sejajar dengan kota-kota penting dunia akan menjadi kenyataan. Sulut yang ditunjang dengan KEK Bitung bakal disulap menjadi kota Industri dan Bisnis, akan menjadi kekuatan ekonomi baru di kawasan Timur Indonesia khususnya dan Asia Pasific.

“Terkait dengan itu, SHS akan bertolak ke Tiongkok mendampingi Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri negara untuk melakukan penandatangan Memorandum Of Agreemen (MOA) dalam acara bilateral Meeting pemerintah Indonesia dengan pemerintah Tiongkok pada Kamis (26/03/2015),”terang Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Dra Lynda Watania melalui juru bicara Pemprov Sulut Drs Yahya Rondonuwu, Selasa (24/03/2015).

Sebelumnya, SHS dalam pertemuan bersama para kepala SKPD di Gubernuran Bumi Beringin Manado, menyebutkan, agar warga Sulut, khususnya masyarakat Kota Bitung untuk mempersiapkan diri menuju perubahan. Dikatakan SHS, Bitung yang dulunya merupakan desa Nelayan, kini akan menjadi kota penting, sejajar dengan Hongkong, Zhenzhen dan Singapore.

"Saya akan mengkonkritkan kerjasama KEK ini dengan pengusaha Tiongkok dalam waktu satu dua hari ini di China, setelah penandatanganan MoU di waktu lalu kali ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoA " ujar SHS.

SHS menyebutkan, pengusaha China akan menamankan investasinya sebesar Rp 35 Triliun untuk membangun kawasan ini, dan dengan investasi yang besar ini akan mengubah wajah Bitung dan Sulawesi Utara.

“Mudah-mudahan semua akan berjalan lancar, Gubernur akan bersama dengan Presiden dan menteri terkait dalam tim yang akan mengadakan bilateral meeting tersebut,”tambah Asisten Ekonomi Pembangunan Setdaprov Sulut Drs Sanny Parengkuan MAP yang ikut mendampingi Gubernur SHS ke Tiongkok.(tim/sulutonline).