Mimpi Hadirkan Hongkong di Manado

Rombongan Media Trip saat berada di terminal penyeberangan Sun Tak Kowlon  dari Hongkong ke ZhenzhenRombongan Media Trip saat berada di terminal penyeberangan Sun Tak Kowlon dari Hongkong ke Zhenzhen

(Media Trip Hongkong –Zhenzhen 2015)

Hongkong - Dari atas puncak Victorya Peak, pada ketinggian sekira 500-an meter dari atas permukaan laut, mimpi menghadirkan Metropolitan Hongkong di Manado. Kota yang didirikan Inggris ini, menjadi salah satu kota perdagangan, bisnis, dan wisata dunia.

Hongkong yang dulunya desa nelayan, tanah gersang, dan hampir tidak ada lokasi pertanian kini menjadi Macan Asia. Hongkong sejajar Tokyo.

Hongkong nyaris persis Kota Manado, jika dilihat dari puncak Tinoor. Pada ketinggian ini, sejauh mata memandang terbentang dibawah jejeran gedung pencakar langit.

Tingkat sadar wisata masyarakat Hongkong sangat tinggi. Mereka paham benar, bagaimana industri wisata bisa menghasilkan pundi-pundi dollar mengalir. “Meski Hongkong tidak ada pabrikan dan lokasi pertanian, namun dari hasil jasa peti kemas, perdagangan dan bisnis serta pariwisata, telah menjadikan kota ini hidup dan bergairah,”ungkap Mr Tonny Lim pemandu wisata pada puluhan rombongan Media Trip wartawan Pemprov Sulut (28 Maret – 2 April 2015) saat berada di puncak Victoria Peak, Minggu (29/03/2015) sore.

Media Trip Hongkong – Zhenzhen yang di utus Golden Triangle ini, memang untuk menyerap apa saja tentang ke dua kota ini, untuk dijadikan bahan tulisan jelang pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung. Setelah menempuh perjalanan udara dengan maskapai Garuda Indonesia Airlines - GA875 selama hampir 5 jam dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

“Trem ini dibuat pada tahun 1888. Ini menjadi salah satu peninggalan penting Inggris bagi Hongkong,”terang pemandu wisata yang fasih berbahasa Indonesia tersebut pada rombongan Media Trip saat menumpang kendaraan kuno tersebut menuju puncak Victorya dengan kemiringan 45 derajat.

Setelah puas menikmati pemandangan kota Hongkong, rombongan diajak menyusuri Avenue of Stars, Victoria Harbour Water Front di wilayah Tsim Sha Tsui.
Lokasi objek wisata ini, terdapat sejumlah patung dan cetakan semen telapak tangan para bintang film atau artis top Hongkong. Seperti Bruce Lee, Jet Lee, Jacky Chan dan banyak lagi.(Budi Harol Rarumangkay)