SHS: Penyakit Ginjal Identik Dengan Pejabat

SHS saat membuka simposium awam dalam rangka memperingati hari ginjal sedunia (World Kidney Day) 2015SHS saat membuka simposium awam dalam rangka memperingati hari ginjal sedunia (World Kidney Day) 2015

(World Kidney Day 2015)

Manado-Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) menyatakan, penyakit ginjal identik dengan pejabat. Karenanya, diingatkan agar para pejabat untuk rajin cek up ke dokter, supaya bisa mengetahui sedini mungkin dan segera mencegahnya.

“Lebih baik mencegah, dari pada mengobati,”saran SHS saat membuka simposium awam dalam rangka memperingati hari ginjal sedunia (World Kidney Day) 2015, di Graha Bumi Beringin Manado, Kamis (02/04/2015).

Kegiatan yang di gelar perhimpunan Pernefri cabang Sulut itu, mengambil tema “Save Our Kidney,”. Tampil sebagai pembicara diantaranya Prof DR Dr Emma Moeis Tenda SpPD-KGH yang juga selaku Ketua Pernefri Cabang Sulut, serta turut dihadiri Wagub Dr Djouhari Kansil MPd besama isteri Ny Mieke Kansil, Tatengkeng serta Kadis Dinkes Sulut dr Grace L Punuh MKes.

“Karena penyakit ginjal yang berasal dari penyakit darah tinggi (hipertensi), jika tidak di obati dengan baik akan bermuara pada gagal ginjal. Jika ada pejabat yang sampai terkena penyakit tersebut maka tamatlah riwayatnya,“ingat SHS, sembari menyebutkan, penyakit lain yang identik dengan pejabat yaitu penyakit jantung dan strok.

Gubernur mengakui hadirnya banyak penyakit dewasa ini akibat, dari kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi (Iptek). Kemajuan ini bisa membahayakan manusia.

“Namun demikian apabila kita mampu merobah cara hidup (Life Style) kita dari yang tidak bersahabat menjadi bersahabat, di pastikan masyarakat dan pejabat, bisa terhindar dari berbagai ancaman penyakit-penyakit tersebut,”saran SHS. (tim/sulutonline).