Mokodongan: Pancasila Alat Pemersatu Bangsa

Mokodongan saat membuka papat Panitia Pelaksana Selebrasi Perayaan Lahirnya Pancasila se Sulut dalam rangka HUT Pancasila ke-70Mokodongan saat membuka papat Panitia Pelaksana Selebrasi Perayaan Lahirnya Pancasila se Sulut dalam rangka HUT Pancasila ke-70

Manado-Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan saat membuka papat Panitia Pelaksana Selebrasi Perayaan Lahirnya Pancasila se Sulawesi Utara dalam rangka HUT Pancasila ke-70, Selasa (14/04/2015), mengatakan Pancasila adalah alat pemersatu bangsa.

“Untuk itu, dengan pelaksanaan kegiatan selebrasi ini akan menambah semangat menghayati semangat Bhinneka Tunggal Ika dalam mengamalkan Pancasila itu sendiri,”katanya saat membuka rapat yang dilaksanakan di ruangan Mapaluse kantor gubernur.

Kegiatan ini pun mengingatkan kita semua untuk tetap menjaga keteguhan Pancasila dengan tidak mengindahkan ideologi-ideologi lain seperti halnya ISIS yang sedang memberikan paham negatif bagi semua lapisan masyarakat.

Menurut Steven Liow S.Sos MM selaku Ketua Umum Panitia, beragam kegiatan akan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan selebrasi perayaan tersebut. Kegiatan-kegiatan tersebut yaitu Upacara Bendera yang diikuti seluruh muspida Provinsi Sulut, Bupati/Walikota se Sulut, TNI/POLRI dan jajaran Pemerintahan, LSM dan Organisasi Kepemudaan, Pemuda lintas agama, organisasi masyarakat, pelajar SMP dan SMA serta Mahasiswa.

Kemudian Lomba gerak jalan antar instansi/TNI-POLRI, antar mahasiswa/umum termasuk LSM, dan antar kemasyarakat. Pawai Pancasila yang melibatkan Paskibraka Sulut, Pasukan TNI-POLRI, lembaga adat, kirab pakaian adat SMP dan SMA, serta Instansi dan Perusahaan Swasta. Kemudian Lomba Pidato dan Lomba menulis artikel nilai-nila Pancasila menurut kategori SMP, kategori SMA/SMK, dan umum. Serta yang terakhir Lomba gebyar anak yaitu Lomba mewarnai dan Lomba busana adat bagi TK/PAUD dan untuk siswa SD yaitu Lomba menggambar Pancasila dan busana adat. (tim/sulutonline).