Ijin Reklamasi Pantai Kewenangan Gubernur

Kondisi pantai Manado setelah di reklamasiKondisi pantai Manado setelah di reklamasi

Silangen: Tunggu Ranperda Zonasi

Manado- Pemerintah kabupaten dan kota di instruksikan untuk menghentikan sementara semua reklamasi pantai sebelum Ranperda Zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil diterbitkan. Bahkan, dalam UU nomor 23 tahun 2014 disebutkan kewenangan ijin reklamasi pantai sudah berada di tangan Provinsi, dalam hal ini gubernur.

“Jadi secara otomatis, kewenangan perijinan reklamasi pantai harus seijin gubernur, termasuk batas reklamasi yakni 0-12 mil,”terang Asisten Pembangunan dan Ekonomi Setdaprov Sulut Drs Sanny Parengkuan saat didampingi Kepala BLH Sulut Edwin Silangen SE, Senin (13/04/2015).

Karenanya dalam waktu ini, Pemprov Sulut akan mengundang kabupaten dan kota termasuk para pengembang untuk sosialisasi terkait kewenangan perijinan reklamasi pantai tersebut.

Ditambahkan Silangen, penyusunan Zonasi bertujuan diantaranya menyiapkan perwujudan Zub Zona dan satu unit perencanaan serta menjaga konsistensi pembangunan dan keserasian. “Dengan kata lain, hal ini bisa mengontrol konsistensi pembangunan sehingga tidak kontras dengan pembangunan lingkungan,”jelasnya.(tim/sulutonline)