Pendaftaran Calon Gubernur/Wagub 26 - 28 Juli 2015

Wagub Kansil saat Launching Tahapan dan Jadwal PilkadaWagub Kansil saat Launching Tahapan dan Jadwal Pilkada

Kansil Launching Tahapan dan Jadwal Pilkada

Manado-Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil MPd, Jumat (17/04/2015) melakukan Lounching dimulainya tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Gubernur dan Wakil Gubernur.

Acara yang berlangsung di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut tersebut, di tandai dengan pelepasan balon yang dilakukan Wagub bersama Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Wilmar Marpaung SH.

Wagub mengatakan, faktor utama sukses tidaknya penyelenggaraan Pilkada, sangat ditentukan oleh dewan kehormatan penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu.

“Makanya, personifikasi anggota dan pimpinan lembaga penyelenggara haruslah independen dan tidak berasal dari Partai Politik (Parpol) manapun,”ingatnya.

Ditegaskan, hal penting pula yang perlu diperhatikan yaitu penjadwalan maupun penyiapan atau penyempurnaan atas berbagai regulasi terkait, termasuk anggaran pemilu. Memahami akan perspektif tersebut, maka menjadi harapan kiranya dengan dilaksanakan Launching ini akan terbentuk dan terimplementasi konsep, pola dan aktualisasi penylenggaraan pemilu yang ideal dan benar-enar baik, efektif, efisien serta menjawab harapan kita semua.

Sebelumnya, Ketua KPU Sulut Yessy Y Momongan STh MSi menyebutkan, launching ini berdasarkan Keputusan KPU Provinsi Sulut No.2/Kpts/KPU-Prov-013/Pilgub/2015 Tentang pedoman teknis tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wagub Tahun 2015 Tanggal 17 April 2015.

Maka dengan demikian menurut Momongan, mulai hari ini (Jumat 17 April 2015) tahapan penyelenggaraan pemilihan Gubernur/Wagub sudah dimulai.

Momongan menambahkan untuk pendaftaran Calon Gubernur/Wagub tanggal 26 Juli sampai dengan 28 Juli 2015, dan hasil pemunggutan suara pada hari Rabu 9 Desember 2015.

Sementara Sekretaris KPU Sulut Yona Oroh SH mengatakan, tahapan pemilihan Gubernur/Wagub dilaksanakan melalui 13 tahapan yang dimulai dari perencanaan program dan anggaran serta evaluasi dan pelaporan.

Hadir Sekprov Sulut Ir Siswa R Mokodongan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Jhon Palandung MSi, anggota KPU Provinsi dan Kabupaten Kota se- Sulut.(tim/sulutonline).