Sulut Raih Peringkat Tertinggi Kesejahteraan Rakyat Wilayah Indonesia Timur

dr Bahagia Mokoagow (Foto Ist)dr Bahagia Mokoagow (Foto Ist)

Manado-Komitmen Gubernur DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS), Wakil Gubernur DR Djouhari Kansil dan Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat Sulut patut mendapatkan apresiasi baik.

Hal tersebut dibuktikan dengan prestasi sebagai daerah yang memiliki Indeks Kesejahteraan Rakyat (IKRAR) tertinggi di wilayah Indonesia Timur tahun 2014.

“Indeks Kesejahteraan Rakyat ini, bertujuan untuk mengukur tingkat kesejahteraan rakyat Indonesia, sebagai alat ukur keberhasilan pembangunan yang inklusif, alat ukur ketersediaan akses terhadap pemenuhan hak dasar rakyat,”terang Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sulut Dr Bahagia R Mokoagow, Msi,M.Kes saat memimpin rapat evaluasi program kegiatan Biro Kesra yang digelar Selasa (21/04/2015).

Bahagia mengatakan, penilaian indeks kesejahteraan rakyat ini juga meliputi aspek keadilan sosial, keadilan ekonomi serta aspek demokrasi dan tata kelola. Dalam penghitungan Ikrar menggunakan data dari hasil kerjasama antara BPS dan Kemenko Kesra tentang penyediaan dan pemanfaatan data pengukuran kesejahteraan rakyat.

Dari hasil perhitungan tersebut, Sulut mendapat peringkat 6 secara nasional dan menjadi provinsi terbaik wilayah Indonesia Timur dalam rangka peningkatan kesejahteraan rakyat. Prestasi ini tidak lepas dari peran aktif seluruh stakeholders baik yang ada di tingkat kabupaten kota maupun provinsi.

Untuk itu, kedepan Bahagia mengharapkan seluruh pihak untuk lebih giat lagi bekerja, proaktif dan inovatif dalam menciptakan program demi meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Turut hadir dalam rapat tersebut Kabag Pengembangan Tenaga Kerja dan Penanggulangan Kemiskinan Ch Sondakh, SH, Kabag Pengembangan Pendidikan dan Kesehatan Jongky Lasut,SH, Kabag Pengembangan Fasos dan Keagamaan Drs Hendrik Rondonuwu, Msi dan Kabag Pemberdayaan Perempuan PA dan KB, JM Sondakh, SE.(tim/sulutonline).