Bawaslu Harus Netral dan Independent!

Foto bersama Wagub Kansil dan Walikota GSVL usai pelantikan BawasluFoto bersama Wagub Kansil dan Walikota GSVL usai pelantikan Bawaslu

Wagub Ingatkan Panwas Pemilukada Tidak Bersikap Diskriminatif

Manado-Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil MPd mengingatkan kepada Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Bupati/ Walikota, agar dalam menjalankan tugasnya tidak bersikap diskriminatif.

“Perlu pahami bersama bahwa proses dan tahapan pemilukada sangat rentan terhadap konflik dan pelanggaran, yang cenderung membawa akibat munculnya perilaku politik yang kontra produktif terhadap nilai-nilai demokrasi dan etika politik dalam pemilukada,”ingat Kansil saat pelantikan Panwas Pemilihan 7 Kabupaten/Kota yang akan menggelar pemilihan serentak Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota di Sulut tahun 2015 yang di gelar diruang Mapaluse kantor Gubernur, Sabtu (25/04/2015).

Dalam pelantikan yang dilakukan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut Herwin Malonda yang juga dihadiri Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut tersebut, agar Bawaslu harus bersikap netral dan independen.

Karena itu, Panwas harus mampu menghadirkan keindahan akan berdemokrasi dengan berpolitik secara santun, elegan dan bermartabat, mampu memberikan pelajaran politik kepada masyarakat.

Diketahui Panwas 7 Kabupaten/Kota yang dilantik yaitu, Kota Manado, Bitung, dan Kota Tomohon, sedangkan untuk Kabupaten yaitu Minut, Minsel, Bolsel dan Boltim. Pelantikan itu didasari Keputusan Ketua Bawaslu Sulut No. 15,16,17,18,19,20,21-Kep Tahun 2015 Tanggal 24 April 2015. Turut hadir Kapolresta Manado Kombes Pol Sunarto serta sejumlah pejabat teras Pemprov Sulut, (tim/sulutonline).