BLH Ingatkan Lestarikan Lingkungan di Gunung Bota Bolmut

Ilustrasi penebangan hutan (Foto Ist)Ilustrasi penebangan hutan (Foto Ist)

34 Ribu Hektar Hutan Bolmut Digunduli

Manado-Hutan adalah paru-paru dunia. Hutan merupakan penyangga kelestarian lingkungan hidup. Sayangnya, areal hutan di Gunung Bota di kabupaten Bolmut seluas 34 ribu hektar dari Desa Tuntun Kecamatan Kaidipang hingga Desa Nunuka Kecamatan Bolangitan diduga terus menerus digunduli oleh PT HSL.

Penggundulan hutan di Bolmut tersebut dibenarkan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sulut Edwin Silangen SE melalui Kepala Bidang Penataan Lingkungan Arfan Basuki kepada wartawan, baru-baru ini.

“PT HSL diduga telah menggunduli area hutan di Gunung Bota Bolmut. Padahal hal tersebut sudah dilarang,”ungkap Basuki.

Bahkan katanya, terkait aksi penggundulan hutan di Gunung Bota ini, masyarakat setempat pernah melakukan aksi demo menolak tindakan yang diduga dilakukan PT HSL tersebut. Sampai saat ini mereka terus melakukan aksi penggundulan. “BLH Provinsi Sulut sudah pernah menurunkan tim melakukan pemantauaan dan pengawasan. Bahkan sudah memberikan peringatan kepada pihak PT HSL untuk menghentikan kegiatan mereka karena sudah merusak lingkungan dan sudah melakukan pembinaan. Tapi aksi penggundulan jalan terus,” terang Basuki.

Karena itu, diimbau kepada PT HSL untuk segera menghentikan kegiatan penggundulan di Gunung Bota. Dan juga kepada pengembang atau pengusaha lain untuk terus melestarikan area lingkungan tanpa harus melakukan penggundulan.”Lestarikan lingkungan demi anak cucu kita nanti,”ingat Basuki. (tim/sulutonline).