Puan Maharani Resmikan Jembatan Soekarno

Penandatangan prasasti jembatan Soekarno oleh Puan Maharani disaksikan Wagub Sulut, Walikota Manado dan Menteri PUPenandatangan prasasti jembatan Soekarno oleh Puan Maharani disaksikan Wagub Sulut, Walikota Manado dan Menteri PU

Setelah 12 Tahun Akhirnya Menjadi Ikon Sulut

Manado-Kota Manado atau Sulut pada umumnya kini boleh berbangga, menyusul jembatan Soekarno kini menjadi ikon Kota Manado Sulawesi Utara. Jembatan yang menghubungkan Manado Selatan ke Manado Utara ini, akhirnya bisa dimanfaatkan.

Sebagai ingatan, jembatan Megawati yang berada dekat jembatan Soekarno, diresmikan oleh Presiden pertama Indonesia DR Ir Soekarno pada tahun 1957. Kemudian, setelah 58 tahun, jembatan Ir Soekarno diresmikan oleh cucu Soekarno, Puan Maharani, sebagai Menko Kesrabud, pada Kamis (28/05/2015) siang.

Sebelumnya, pada tahun 2003 lalu, Presiden Megawati Soekarno Putri, meresmikan pencanangan pancang pertama jembatan tersebut, di masa Walikota Manado Drs Wempie Frederik dan Wakil Walikota Teddy Kumaat SE. Kemudian diresmikan pada masa Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut dan Wawali Harley Mangindaan.
Gegap gempita warga Kota Manado saat diresmikannya jematan Soekarno
Saat menyampaikan sambutannya, Puan Maharani dengaan suara bergetar tak mampu menyembunyikan rasa bahagianya. Ia sekaligus memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pihak yang berkontribusi dalam penyelesaian pembangunan jembatan tersebut.

Puan mengatakan, kehadiran jembatan ini akan berfungsi multi makna karena selain mengatasi kemacetan, tapi juga menjadi ikon pariwisata Sulut.“Dengan demikian Sulut kini ketambahan satu destinasi pariwisata unggulan,” katanya.

Puan menyebutkan, jembatan Soekarno merupakan bagian dari Manado Outer Ring Road (MORR) dibangun untuk menjadi objek penataan pusat kota guna mengatasi kemacetan dalam Kota. Selain itu, jembatan ini menjadi landmark Kota Manado dalam menunjang Pariwisata.
 Warga Kota Manado menyalami Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut dan menyambut gembira atas diresmikannya jembatan Soekarno
Usai memberikan sambutan, Puan langsung menandatangani prasasti jembatan Soekarno serta dua proyek lainnya yaitu Asrama dan SMP Lokon St Nikolaus Tomohon dan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Maumbi Minut.

Turut Hadir Menteri PU Basuki Hadimolyono, Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil MPd, Anggota Watimpres Rusdi Kirana, dan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut serta beberapa Bupati serta Walikota se Sulut.(tim/sulutonline).Puan Maharani, Wagub Kansil dan Menteri PU usai peresmian dan melihat pemandangan Teluk Manado dari atas Jembatan Soekarno