Wagub Ingatkan RSD Harus Robah Paradigma Pelayanan

Wagub Sulut saat meninjau pameran Alkes dalam Rakernas IX Asosiasi RSD seluruh Indonesia (Arsada) di ManadoWagub Sulut saat meninjau pameran Alkes dalam Rakernas IX Asosiasi RSD seluruh Indonesia (Arsada) di Manado

“Revolusi Mental Dimulai Dari Revolusi Kesehatan”

Manado-
Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil MPd, saat pembukaan Rakernas IX Asosiasi RSD seluruh Indonesia (Arsada), Rabu (03/06/2015) di Novotel Manado, mengingatkan dalam menghadapi tuntutan pelayanan kesehatan masyarakat yang semakin tinggi dewasa ini, maka Rumah Sakit Daerah (RSD) harus mampu merubah paradigma pelayanan.

“Tantangan pelayanan kesehatan dewasa ini semakin tinggi, karena itu jika mau bersaing dengan rumah sakit lain, RSD dituntut harus merubah paradigma pelayanan dari berorientasi pemberi pelayanan (Provider Oriented) menjadi berorientasi pelanggan (Customer Orientet),”jelas Kansil.

Kesempatan itu, Wagub juga tak lupa menyampaikan strategi bersaing yang dapat di tempuh RSD diantaranya mampu meningkatkan kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction) dan mengembangkan pelayanan yang ditawarkan dengan melihat tiga komponen penting dalam organisasi yaitu produktifitas, efisiensi dan kualitas.

“Namun yang paling utama adalah memberikan pelayanan yang diinginkan masyarakat yaitu pelayanan RS yang professional, bermutu, ramah, santun, simpatik, komunikatif dan penuh empati,”tegasnya.

Sebelumnya Ketua Umum PP Arsada Dr Kuntjoro Adi Purjanto M.Kes mengatakan, Rakernas ini dilaksanakan dalam rangka melakukan revolusi mental di Indonesia yang dimulai dari revolusi kesehatan.

Dengan harapan, semua stakeholder aktif dalam upaya pemahaman pengorganisasian perangkat daerah (OPD) sesuai UU No 23/2014, RSD terdorong menjalankan perubahan mind set dalam pelayanan sehingga semakin mantapnya pelayanan di era JKN, serta terhindarnya RSD dari resiko hukum, fraud dan moral hazards.

Ketua Panpel, DR Dr Tubagus Abeng MKes, melaporkan Rakernas ini diikuti 300 peserta yang berasal dari RSD seluruh Indonesia, Arsada pusat dan Arsada wilayah.

Usai pembukaan Wagub meresmikan pameran alat-alat kesehatan (Alkes) yang di tandai dengan pengguntingan pita, serta peninjauan pameran. Turut hadir Dr Umar Wahid Pendiri Arsada, Dirut RSUP Prof DR RD Kandou Dr Max Rondonuwu DHSM MARS.(tim/sulutonline)