BKD dan KPK Gelar Focus Group Discussion

BKD dan KPK saat Gelar Focus Group DiscussionBKD dan KPK saat Gelar Focus Group Discussion

Manado-Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulut bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Kamis (18/06/2015) menggelar acara Focus Group Discussion tentang Integritas Birokrasi Pemerintah di ruang Mapaluse kantor Gubernur

Kegiatan yang diikuti utusan SKPD Lingkup Pemprov dan BKD Kabupaten Kota se- Sulut tersebut menampilkan pembicara dari Direktorat Pendidikan Pelayanan Masyarakat KPK-RI H Agung Derwanto dan Moderator Kaban Diklat Provinsi Sulut Dr Noudy RP Tendean SIP MSi.

Derwanto mengatakan, integritas birokrasi pemerintah dapat diartikan sebagai wujud komitmen pemerintah guna memberikan yang terbaik terhadap nusa dan bangsa, dengan mengedepankan integritas dan moralitas sebagai basis untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Integritas birokrasi pemerintah menurut Derwanto mencakup, seluruh konsep etis dan moraldalam diri seorang aparatur sipil Negara (ASN) atau birokrat yang professional. “Sedangkan profesionalisme seorang birokrat tidak hanya penguasaan kemampuan teknis dan ketangguhan emosi, tetapi juga konsisten menerapkan perilaku integritas yang menjadi sebuah kata kunci bagi seorang pejabat pemerintah,” tegasnya.

Kaban BKD Sulut Dra Femmy Suluh MSi melalui Sekretaris BKD Drs Lucky Taju MSi mengatakan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut pelaksanaan kegiatan yang telah diselenggarakan sebelumnya oleh BKD Provinsi Sulut. Dalam hal ini, BKD sebagai institusi pemerintah memiliki tanggungjawab untuk mewujudkan ASN yang berintegritas, berkompeten dan berkinerja tinggi.

“Namun BKD hanya sebuahinstitusi, aparaturlah yang bisa mewujudkan hal tersebut,” jelas Taju dalam acara yang dibuka Asisten Administrasi Umum Ch Talumepa SH MSi. (tim/sulutonline).