Sulut Peringati HLH Sedunia 2015

Wagub Sulut DR Djouhari Kansil didampingi istri tercinta saat Wagub Sulut DR Djouhari Kansil didampingi istri tercinta saat menyerahkan piala dan hadiah bagi pengelolaan sampah kabupaten kota

BLH Sulut Serahkan Kalpatru Pemerhati Lingkungan

Manado-
Peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia 2015 di Pemprov Sulut, diwarnai berbagai lomba dan pemberian Kalpataru bagi pemerhati lingkungan hidup di Sulut.

Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil saat menjadi Irup dalam peringatan ini di halaman kantor gubernur, Jumat (26/06/2015) mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menegaskan komitmen dan aksi pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup semua negara di didunia.

“Di Indonesia peringatan dimaksud dapat kita eksplorasi lebih berarti lagi terutama dengan, mengajak dan melibatkan secara aktif masyarakat serta spontanitas, kreativitas dan modal sosial yang dimiliki didaerah-daerah, sebagai bangsa dalam menjaga sumber kekayaan alam kita yang merupakan salah satu unsur penting dalam membangun dan menjaga ketahanan nasional kita,”jelas Kansil.

Kegiatan ini mengangkat tema World Environmental Day Tahun 2015,"Seven Billion Dreams, One Planet, Consume With Care". Untuk peringatan di Indonesia Kementerian LH dan Kehutanan menetapkan tema "Mimpi dan Aksi Bersama Untuk Keberlanjutan Kehidupan di Bumi".

Merujuk agenda aksi Sustainable Consumtion And Production/SCP yang telah disepakati dalam Konferensi Pembangunan Berkelanjutan (Rio+20) Bulan Juni 2012. Saat ini bumi berpenghuni sekitar 7,2 Milyar jiwa. “Untuk itu diperlukan SDA yang besar untuk pemenuhan kebutuhan dasar untuk pewujudan kesejahteraan, melalui kegiatan konsumsi dan produksi dalam kehidupan sehari-hari,”kata Kansil.

Kebutuhan konsumsi dan produksi tersebut menurut Kansil, dapat menimbulkan tekanan yang besar pada keberlanjutan SDA dan kualitas lingkungan hidup kita. Kansil menyebutkan, sesuai kajian UNEP mengindikasikan saat ini tingkat konsumsi penduduk global telah melebihi tingkat pasokan SDA yang tersedian di bumi, diiringi kualitas LH yang cenderung menurun di banyak Negara termasuk di Indonesia. Untuk itu aksi global mendesak perlu segera dilakukan perubahan pola konsumsi dan produksi menuju "hemat sumberdaya, berkualitas lebih baik dan melindungi LH,".

Kepala BLH Sulut Edwin Silangen SE MA mengatakan dalam upacara tersebut Wagub telah menyerahkan pengharggaan dan uang tunai bagi pemenang lomba kebersihan Kantor BLH Kabupaten Kota se-Provinsi Sulut, pengelolaan lingkungan pasar, pengelolaan lingkungan terminal baik, Adiwiyata SD,SMP dan SMA, Kalpataru pemerhati lingkungan, penyerahan sarana persampahan untuk Kantor BLH Kabupaten Kota. (tim/sulutonline).