SHS Larang Gaji Ke- 13 Dibelikan Batu Akik

Eforia Batu Akik semakin menggila (Foto ilustrasi)Eforia Batu Akik semakin menggila (Foto ilustrasi)

“Lebih Bermanfaat Jika Digunakan untuk Biaya Anak Sekolah”

Manado-Eforia Batu Akik saat ini sudah mencapai taraf memprihatinkan. Karenanya, Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) melarang PNS dilingkungan Pemprov Sulut menggunakan gaji 13 untuk membeli batu akik.

Larangan SHS tersebut disampaikan kepada Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS), di kantor Gubernur, Senin (29/06/2015).

Menurut SHS, kalau hanya sekadar hobby tidak mengapa, namun jangan sampai Gaji 13 yang segera akan dicairkan dalam waktu dekat ini, hanya dimanfaatkan untuk membeli Batu Akik. “Akan lebih bermanfaat jika digunakan untuk hal-hal yang penting, seperti biaya anak sekolah yang saat ini selesai ujian dan akan memasuki tahun ajaran baru. Atau dimanfaatkan untuk menambah biaya dalam menghadapi Idul Fitri,”ingatnya.

Diketahui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi berjanji Gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan diberikan satu pekan sebelum Ramadhan. Yuddy mengatakan, petunjuk teknis pembayaran gaji baru dan gaji ke-13 akhirnya keluar . PMK No: 117/PMK.05/2015 Tentang Juknis pemberian gaji/pensiun/tunjangan bulan ke-13 tertanggal 22 Juni itu, telah diteken Menteri Keuangan Bambang Brojonegoro.

“Juknis tersebut berlaku bagi PNS/TNI/Polri dan Pejabat Negara baik pusat maupun pegawai yang bertugas di Pemerintah Daerah,”kata Menpan RB.

Chrisnandi menyebutkan, Presiden Jokowi setuju bahwa pencairan gaji ke-13 cair sebelum bulan puasa, mengingat harga kebutuhan pokok naik jelang Ramadhan dan Idul Fitri. (tim/sulutonline).