Diskop Latih Aparatur Pembina Koperasi se-Sulut

Sekertaris UMKM dan Koperasi Sulut  Drs Benny Kalonta (Foto Ist)Sekertaris UMKM dan Koperasi Sulut Drs Benny Kalonta (Foto Ist)

Manado-Tugas pembinaan dan pengembangan koperasi dan UMKM saat ini diperhadapkan dengan berbagai dinamika internal dan eksternal seperti kemampuan dan daya saing KUMKM diera yang semakin kompetitif, sehingga dibutuhkan pelatihan bagi apartur pembina koperasi yang ada di 15 Kabupaten Kota se- Sulut.

Dikatakan, Sekretaris Diskop dan UMKM Sulut, Drs Benny Kalonta ME, Kamis (02/07/2015) strategi pembinaan sangat penting agar para pembina yang ada di Kabupaten Kota sebagai aparatur pemerintah mempunyai strategi serta fokus dengan pendekatan advokasi sumberdaya seperti melakukan konsultasi manajemen dan pendampingan bagi pengurus dan pengelola koperasi.

“Kompetensi harus dimiliki oleh tenaga pembina, aparatur dibidang manajemen perkoperasian, sehingga dapat menciptakan terobosan baru bagi kemajuan UMKM di Sulut, sehingga pelatihan ini sangat penting termasuk dalam menumbuhkan jiwa korsa dan pemahaman perkoperasian dalam pemberdayaan koperasi didaerah-daerah,”ingat Kalonta.

Ditambahkannya, dengan adanya pelatihan ini diharapkan berdampak pada peningkatan produktivitas sehingga angka penggangguran dan penduduk miskin berkurang serta peningkatan kesejahteraan masyarakat. (tim/sulutonline).