Safari Idul Fitri SHS – Berhasil Penuh Kekeluargaan

SHS - Berhasil diantara umat Islam dalam Sholat Ied 2015SHS - Berhasil diantara umat Islam dalam Sholat Ied 2015

Gubernur Dinobatkan Sebagai Warga Kehormatan Kampung Arab

PERINGATAN Idul Fitri dan Sholat Ied tahun 2015 ini, menjadi sangat istimewa pasangan Gubernur DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) dan Wakil Gubernur (Wagub) DR Djouhari Kansil. Mengingat hal ini menjadi kesempatan terakhir bagi kedua putra terbaik Sulut ini mendampingi umat Islam melakukan sholat Ied dan silaturahmi bersama dalam masa kepemimpinan mereka.

Alhasil, SHS-Berhasil sebutan bagi pasangan ini duduk bersama mendampingi seluruh umat Islam di Manado usai sholat Ied dalam rangka hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 H di lapangan Sparta Tikala Manado, Jumat (17/07/2015) yang dipimpin Ustad Ali Thalib dan Khotib Kakanwil Kemenag Sulut Drs H Soleman Awad MPdi.

SHS mengatakan, Idul Fitri merupakan hari kemenangan kita kaum muslimin dan muslimat, setelah sebulan penuh di bulan Ramadhan telah mampu melawan hawa nafsu.”Perjuangan mengendalikan hawa nafsu, selama sebulan bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu prestasi pencapaian pengendalian nafsu mendapat pengharggaan dari Allah SWT yaitu mendapat tempat di surga,”ujar SHS.
SHS didampingi Wagub Kansil dan unsur Forkompimda Sulut saat tradisi Iwad dan dinobatkan sebagai warga Kehormatan Kampung Arab Manado
Usai mendampingi umat Islam sholat Ied, SHS-Berhasil mendapat apresiasi dengan disalami umat Islam. Mereka terharu diakhir kepemimpinan keduanya, tetap berkesempatan bersama-sama umat Islam di Sulut.

Selanjutnya, SHS- Berhasil bersama unsur Forkompimda diantaranya Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung SH, Dan Lantamal VIII, Kepala BNN Sulut serta para pejabat teras Pemprov Sulut, melakukan silahturahmi dalam rangka hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 H.

Silahturahmi yang berlangsung di 14 rumah kediaman para pejabat sipil, TNI/Polri, Anggota DPRD Sulut hingga kalangan perbankan tersebut penuh kekeluargaan, dimulai dari rumah kediaman Kejati Sulut Teuku Muhamad Syahrizal SH di kompleks Bumi Beringin. Selanjutnya bersama rombongan menuju kediaman Dan Lanudsri Kol PNB Djoko Thahjono dan Dan Rem 131 Santiago Brigjen TNI Binarko Sughiantyo di Sario, kemudian di kediaman Wakapolda Sulut Kombes Pol Sutrisno Yudi Hermawan di komplek SPN Karombasan.
Kemudian, menuju jalan Pumorow di kediaman Ketua MUI Sulut KH Abdul Wahab Abdul Gafur, dan Kakanwil Kemenag Sulut Solemen Awad, serta Anggota DPRD Sulut Amir Liputo, Amin Lasena, Kepala Biro Kesra dr Bahagian Mokoagow, dan dr Taufik Pasiak, Mahmud Turuis serta berakhir di rumah kediaman Ketua Muhamadiyah Sulut Drs Anwar Panawar di Ranomuut.

SHS mengatakan, silahturahmi setiap datangnya perayaan hari-hari besar keagamanan sudah merupakan tradisi yang sejak lama telah tumbuh dan berkembang di Provinsi Sulawesi Utara. Baik itu hari raya Umat Kristen seperti hari Natal maka umat Islam melakukan silahturahmi.
SHS - Berhasil bersama Forkompimda saat di kediaman Kajati Sulut
“Kali ini kami yang beragama Kristen datang kepada teman-teman sejawat kami, untuk memberi ucapan, sekaligus meningkatkan, hubungan tali kasih dan persahabatan diantara kita semua,”kata SHS.

Menariknya, saat silaturahmi di keluarahan Istiqlal Kampung Arab Manado, Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang, diangkat menjadi warga kehormatan Kampung Arab oleh Iman Masjid Almazhur, Ustad Taha Bahmid atas nama masyarakat.

Penobatan itu ditandai dengan pemberian cincin batu akik dan pemasangan surban oleh Imam Taha Bahmid kepada SHS yang turut disaksikan Wagub DR Djouhari Kansil MPd, Kapolda Brigjen Pol Wilmar Marpaung SH, unsur Forkopimda Sulut lainnya, Kakanwil Kemenag Soleman Awad dan pejabat teras Pemprov Sulut, ketika menghadiri acara Iwad (tradisi turun naik rumah menjelang 2 Syawal 1436 H), Sabtu (18/07/2015).
SHS - Berhasil dan Forkompimda saat silaturahmi di kediaman Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan
Rombongan SHS kemudian bertolak menuju Bolmong Raya untuk bersilaturhami dengan umat Muslim disana. Silahturahmi 2 Syawal 1436 H dilmulai dari kediaman Bupati Bolmong Salihi Mokodongan di Lolak, dilanjutkan di rudis Walikota Kotamobagu Tatong Bara, Wakil Walikota Jainudin Damoipoloii, Kaban Kesbang Pol Gun Lapadengan, Kepala BPMPD Drs Ruddy Mokoginta, Benny Ramdhani, Ibu Yasty Suprejo, Ketua DPRD Boltim Syahrul Mamonto, Anggota DPRD Sulut Rita Lamusu di Boltim, kediaman Oma Ke Sarundajang, Eddy Paputungan yang diakhiri di kediaman Sekdaprov Sulut Ir Siswa R Mokodongan di Biga.

Saat berada di kediaman anggota DPD RI Benny Ramdhany di kelurahan Poyowa Besar, SHS tak lupa menitipkan pesan agar Ramdhany untuk terus mengawal proses pemekaran Provinsi BMR di pusat.

Gubernur dua periode pun menambahkan, dirinya merupakan orang pertama yang menggaungkan pemekaran provinsi ini, karena sejak masa kecil lama tinggal di bumi Totabuan. Oleh karena itu katanya, walaupun nanti dirinya tidak lagi menjabat sebagai Gubernur Sulut.”Namun saya telah meletakan dasar yang baik untuk menuju provinsi BMR bagi warga bumi Totabuan di masa yang akang datang,”tandas SHS.

Ikut bersama Gubernur dalam Silahturahmi di bumi Totabuan yaitu Ibu Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun, Wagub DR Djouhari Kansil MPd bersama Ibu Mieke Kansil Tatengkeng Kapolda Brigjen Pol Wilmar Marpaung bersama Ibu, Dan Lanudsri, Kasrem, Kepala BNN serta pejabat teras pemprov Sulut. (ADVETORIAL/HUMAS PEMPROV SULUT)