Anggota Lansia Terima Bantuan Kursi Roda

Wagub Kansil didampingi Ketua Bapeda Sulut dan Kadis Kesehatan saat menyerahkan korsi roda bagi LansiaWagub Kansil didampingi Ketua Bapeda Sulut dan Kadis Kesehatan saat menyerahkan korsi roda bagi Lansia

Manado-Puncak peringatan Hari Ulang Tahun Lanjut Usia (Lansia) tingkat Provinsi Sulut, yang digelar di halaman Kantor Gubernur Sulut Sabtu (25/07/2015) berlangsung meriah.

Setidaknya Dua anggota Lansia telah menerima bantuan kursi roda dari Wagub Sulut DR Djouhari Kansil MPd yang juga selaku Ketua Umum Komisariat Daerah (Komda Lansia) Sulut.

Tak hanya itu, bagi lansia yang rumah tangganya mencapai Tahun Emas (50 Tahun) juga menerima piagam penghargaan, termasuk pemenang lomba idol dan peragaan pakaian daerah antar lansia mendapatkan trophy dari Komda Lansia.

Wagub dalam sambutannya mengatakan, saat ini para kaum lansia Sulut sudah memiliki Pergub No.25 Tahun 2015 Tentang pelayanan terpadu bagi lansia di provinsi Sulut. Selain itu pemerintah dewasa ini telah menyiapkan posyandu lansia di beberapa Puskesmas di Kabupaten Kota.

“Tujuannya untuk mempermuda para opa dan oma berobat di Puskesmas. Pemprov juga sejak tahun lalu telah memberikan bantuan sosial kepada lansia se-Sulut, dan untuk tahun ini penerimaannya di laksanakan di kabupaten kota sedangkan dananya bersumber dari Pemprov Sulut,”ujar Kansil sembari menyebutkan, saat ini Komda lansia Sulut telah memiliki satu unit Ambulans untuk pelayanan dan pemeriksaan kesehatan lansia.

Kansil juga mengajak lansia dapat memanfaatkan pekarangan rumah juga telah untuk menaman apotik dan dapur hidup, agar lansia tetap segar dan produktif.

Sementara terkait dengan Pilkada serentak di Tujuh kabupaten kota dan Provinsi Tahun ini, Wagub mengajak opa dan oma kiranya dapat menjadi penyejuk dalam rumah tangga.”Biar beda warna tapi tetap satu,”tandas Kansil.

Kepala Bappeda Sulut Ir Roy O Roring MSi selaku Ketua Panitia mengatakan, Ulang Tahun Lansia kali ini diikuti 2 ribu peserta yang berasal dari15 Kabupaten Kota se-Sulut. Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan meliputi bhakti sosial (pemeriksaan dan pengobatan, pemberian kaca mata gratis), dan pemberian door price kepada lansia ber-usia 90 Tahun.

Sementara Kadis Kesehatan Sulut dr Grace L Punuh MKes selaku Sekretaris panitia menyebutkan, kegiatan ini turut dimeriahkan tarian Masamper dari Kelurahan Teling Manado, Maengket lansia Orsos Matuari Kota Tomohon, PS Lansia Debora Kabupaten Minahasa, dan PS Balai Penyantun Senja Cerah Paniki Kota Manado, serta tarian katrili dari Desa Paniki Satu.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam peringatan Hari Lansia Tahun ini,”ujar Punuh dalam acara yang juga turut dihadir para Unsur Forkopimda Sulut serta pejabat teras pemprov Sulut. (tim/sulutonline).