Wagub: SKPD Wajib Kejar Penyerapan Anggaran

Wagub Sulut DR Djouhari KansilWagub Sulut DR Djouhari Kansil

Manado-Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil mengingatkan seluruh SKPD jajaran Pemprov Sulut untuk mengejar realisasi penyerapan anggaran dan fisik. Mengingat pada rapim TEPRA bulan Juni lalu masih banyak SPKP maupun UPTD/Balai mendapat rapor merah.

“Karena itu, untuk evaluasi dan pengawasan anggaran per 31 Juli 2015 diharapkan, ada perubahan penyerapan anggaran maupun fisik,”ingat Wagub kepada sejumlah wartawan di Kantor Gubernur Senin (27/07/2015).

Karo Pembangunan Farly Kotambunan SE menyatakan, pihaknya secara rutin tiap bulan memantau paket-paket konstruksi yang ada pada setiap SKPD.”Tiap minggu para PPTK wajib melaporkan kegiatan realisasi keuangaan maupun fisik kepada PA/KPA lewat Sekretaris atau KTU Dinas/Badan dan Biro untuk melaporkan di Sekretariat TEPRA yaitu pada Biro Pembangunan,”jelasnya.

Kotambunan menambahkan, menjadi harapan Wagub untuk bulan depan minimal 40 persen belanja langsung (belanja publik) bisa terealisasi.

Sementara terkait dengan penyerapan anggaran Sulut Kotambunan mengakui secara Nasional Sulut masih berada di atas rata-rata. Karena itu kita harus punya kiat-kiat khusus untuk meningkatkan penyerapan anggaran tersebut antara lain agar paket lelang yang sudah ada segera dilakukan lelang.” Jangan di tahan-tahan, kemudian SKPD tiap minggu membuat laporan internal control kepada pimpinan,”tandasnya.(tim/sulutonline).