Mokodongan: PNS Jajaran Pemprov Sulut Harus Netral

Mokodongan didampingi Ast 1 dan Ast 3 saat memimpin Sertijab pejabat eselon 2 Pemprov SulutMokodongan didampingi Ast 1 dan Ast 3 saat memimpin Sertijab pejabat eselon 2 Pemprov Sulut

Sekdaprov Ingatkan Kepala SKPD Harus Mampu Kelola Anggaran Dengan Baik

Manado-Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut Ir Siswa R Mokodongan mengingatkan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) jajaran pemprov Sulut untuk tetap menjaga kekompakan tim dengan rasa persaudaraan yang tinggi, serta tetap menjaga asas netralitas dalam menghadapi Pilkada 9 Desember 2015 nanti.

“Jangan sampai terkontaminasi dengan kepentingan politik,”tegas Mokodongan saat memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) pejabat Eselon II jajaran Pemprov Sulut yang dilaksanakan Senin (03/08/2015), diruang Mapaluse kantor gubernur Sulut.

Selain itu ditekankan, setiap kepala SKPD harus mampu mengelola anggaran dengan baik dan tepat sasaran karena belajar dari pengalaman tahun lalu, ada beberapa SKPD yang tidak mencapai targel 100 persen dalam pengelolaan anggaran.”Hal ini sangat disayangkan karena pada saat pembahasan SKPD meminta penambahan anggaran namun pada kenyataan tidak mampu mengelolah anggaran yang diminta tersebut,”ingat Mokodongan.

Sekdaprov juga mengingatkan kepada para pejabat yang baru mendapat posisi baru dalam jajaran pemprov Sulut, agar segera beradaptasi dengan tupoksi masing-masing, serta mempelajari tupoksi staf eselon III dan IV agar pejabat paham betul apa yang harus dikerjakan. Membenahi pengelolaan keuangan, khususnya 6 bulan terakhir agar dapat terus memacu penyerapan anggaran.

Diketahui dalam sertijab tersebut, telah didahului dengan pelantikan beberapa waktu lalu. Dimana 8 pejabat Eselon II yang dilantik dua diantaranya merupakan promosi jabatan dari Eselon III yakni Ir James Selah MSi dari kabid Cipta karya Dinas PU menjadi Karo Perlengkapan Setdaprov Sulut, Rollies R Rondonuwu AP dari Kabid Bina Idiologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbang Pol menjadi kepala Sekretariat Korpri Provinsi Sulut. Dua orang mendapat promosi dari jabatan Eselon IIb ke Eselon IIa yaitu Marlone M Sendoh SH dari Kepala Biro Hukum dan HAM Setdaprov Sulut kini dipercayakan menjadi Kadis Nakertrans Sulut menggantikan pejabat lama Edwin Roring SE, serta Janni N Lukas SPi dari Kepala Sekretariat Korpri Sulut menjadi Staf Ahli Gubernur Sulut Bidang Hukum dan Politik. Drs SJM Lucas dari taf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik menjadi Kaban Kesbang Pol menggantikan Gun Lapandengan SH. Farly R Kotambunan SE dari Karo Pembangunan menjadi Karo Organisasi menggantikan Glady NL Kawatu SH MSi, Kawatu sendiri mengantikan jabatan yang ditinggalkan Sendoh sebagai Karo Hukum dan HAM, Drs EL Kindangen dari Karo perlengkapan menjadi Karo Pembangunan Setdaprov Sulut.
 Jabat tangan antara kabag humas baru dengan lama - Roy Saroinsong SH dan  Drs Jahja Rondonuwu MSi
Sebelumnya juga dilaksanakan Sertijab di lingkup Biro Pemerintahan dan Humas dimana Kabag Humas kini mempercayakan kepada Roy Saroinsong SH mengantikan Drs Jahja Rondonuwu MSi yang kini dipercayakan sebagai Kabid Diklat Kepemimpinan Bandiklat Provinsi Sulut. Kabag Otda dari Dra Jurike Moningka, Msi kepada Dra Leliana Makalew. Kabag Kemasyarakatan dari Drs Rico lasut kepada Drs G Kountul,Med, Lasut sendiri mendapat promosi menjadi Sekretaris BLH Sulut.

Dua jabatan Eselon IV di Bagian Humas Kasubag Pengumpulan dan Penyaringan Informasi dari Vietje Havelar SE kepada Defries Walangitan SSos. Kedua pejabat tersebut saling berpindah tempat Havelar menggantikan jabatan yang ditinggalkan Walangitan Kasubag Pemberdayaan dan Pengembangan masyarakat dan Kasubag Fasilitasi Mas Media dan Dokumentasi yang telah lama kosong kini diisi oleh Ivan Besouw.(tim/sulutonline)