New Zealand Siap Bangun Kerjasama Dengan Sulut

Rombongan Dubes New Zealand saat diterima gubernurRombongan Dubes New Zealand saat diterima gubernur

Manado-Komitmen Gubernur Sulawesi Utara DR Sinyo Harry Sarundajang dalam membangun Sulut terus dibuktikan hingga menjelang akhir masa jabatan sebagai Gubernur.

Setelah melakukan kerjasama dengan beberapa investor dari negara asing, kali ini giliran negara New Zealand (Selandia Baru) yang berencana akan melakukan kerjasama dengan pemerintah Indonesia khususnya provinsi Sulut. Hal itu dibuktikan dengan kehadiran Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia DR Trevor Matheson bersama tim, yang melakukan kunjungan kerja ke Sulut.

Matheson yang baru menjabat selama 6 bulan melaksanakan kunjungan kerja pertama ke daerah untuk bertemu dengan Gubernur Sulut Kamis (06/08/2015), bertempat di rumah dinas gubernur.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur dan Dubes membicarakan beberapa hal terkait hubungan kerjasama antara kedua negara, beberapa bidang menjadi sasaran kerjasama yakni di bidang peternakan sapi dan pengembangan energi gheotermal yang ada di daerah Lahendong kota Tomohon.

Pihak Selandia baru akan melakukan survei ke peternakan sapi yang ada di Sulut untuk melihat potensi peternakan susu sapi.

Untuk pengembangan energi gheotermal, Selandia Baru melakukan kerjasama dengan pemerintah Indonesia dengan membuka pusat pendidikan gheotermal yang ada di Linow sekaligus Jumat (07/08/2015) akan melaksanakan kegiatan the first indonesian gheotermal festival.

Gubernur Sarundajang menyampaikan apresiasi penuh, beserta ucapan terima kasih atas kedatangan Dubes Selandia Baru untuk Indonesia, kunjungan ini merupakan bentuk kepercayaan dari negara asing bahwa Sulut mempunyai potensi besar untuk membangun kerjasama dalam berbagai bidang, Gubernur menyatakan siap membangun kerjasama dengan Selandia Baru demi kemajuan Sulut. (tim/sulutonline)