Menpora Lepas Tomohon Linow Lake 10 K

Menpora didampingi gubernur SHS saat melepas peserta lomba Maraton Linow Lake 10 KMenpora didampingi gubernur SHS saat melepas peserta lomba Maraton Linow Lake 10 K

Tomohon-Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Jumat (07/08/2015) pagi di Tomohon, melepas peserta lomba lari marathon Tomohon Linow Lake 10 K.

Lomba lari marathon yang diprakarsai oleh Ketua Yayasan Kawanua Sedunia (KSD) Ibu Mieke Tumurang, dilepas dari depan Rindam dan finis di danaou Linow itu ikut disaksikan langsung Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang, Wagub DR Djouhari Kansil MPd, Walikota Tomohon Jimmy Eman, Sekot Arnol Poli, Kadispora Sulut Drs Mecky M Onibala MSi serta para pejabat teras Kota Tomohon.

Menpora mengatakan, kegiatan Tomohon Linow Lake 10 K, merupakan momentum penting.”Keinginan saya untuk terus memotivasi seluruh daerah di tanah air, guna menggelar iven seperti ini sudah mulai terjawab. Karena itu saya memberi apresiasi yang tinggi atas prakarsa Yayasan KSD yang berhasil menggelar Tomohon Linow Lake 10 K,”terangnya sembari berharap kiranya iven tersebut akan menjadi agenda tahunan bagi Kota Tomohon.

Menurut Nahrawi kegiatan olahraga dan kesenian (Orkes) harus di budayakan terus dikalangan masyarakat terutama bagi generasi muda, guna menangkal derasnya pengaruh arus globalisasi.”Karena itu saya mendorong agar Kabupaten Kota di Sulut dapat menggelar iven seperti ini,”harapnya.

Ketua Yayasan KSD Mieke Tumurang yang juga selaku Ketua Umum Panitia penyelenggara mengatakan, Tomohon Linow Lake 10 K diikuti 10 ribu peserta yang berasal dari Sulut 5 pelari, pelari nasional 10 atlet, 2 pelari luar negeri yakni dari Kenya sedangkan sisanya merupakan pelari lokal.

Tumurang menyebutkan, untuk marathon putri berhasil keluar sebagai juara I Jackline Nzivo dari Kenya, Juara II Odekta Naibaho DKI Jakarta, Juara III Ferly Subnafeu dari Kaltim. Untuk Putra Juara I Agus Prayogo dari Jabar peraih Medali Emas cabang marathon 10 K Sea Games, Juara II Jauhari Johan Sumsel dan Juara III Atjong Tio Purwanto Jatim.

Para pemenang telah mendapatkan hadiah berupa medali, Piala dari Menpora serta uang tunai Rp 20 Juta bagi Juara I, Juara II Rp17 Juta dan Juara III Rp15 Juta.

Sementara Kadispora Sulut Mecky Onibala menyebutkan, Menpora Imam Nahrawi pada 12 September mendatang kembali akan datang ke Manado yang ke-3 kalinya untuk membuka kejuaraan tinju sabuk emas professional memperebutkan, piala Menpora, Gubernur Sulut, Kejati dan Piala dari Kapolda Sulut. (tim/sulutonline).