Slank Titip Pesan Selamatkan Pulau Bangka

Konser penyelamatan lingkungan hidup oleh Slank dalam SOLL di pantai Malalayang Manado (foto Ist)Konser penyelamatan lingkungan hidup oleh Slank dalam SOLL di pantai Malalayang Manado (foto Ist)

Manado- Spektakuler ! Kegiatan Save Our Littoral Life (SOLL) yang digelar di bibir pantai Malalayang Manado oleh TNI AL- Lantamal VII Sulut, Sabtu (16/08/2015) dipadati ribuan masyarakat dari berbagai elemen. Kegiatan untuk melestarikan ekosistim laut tersebut, selain diisi dengan penanaman 1 juta terumbu karang, atraksi terjun payung juga di meriahkan konser group rock legendaris Indonesia, Slank.

Dari atas kapal perang milik TNI AL, Kaka Slank terus mengkampanyekan pentingnya pelestarian ekosisim laut terutama terumbu karang demi kelangsungan kehidupan dimasa datang.

Kaka dengan suara lantang menyebutkan, salah satu sorga dunia itu ada di Utara pulau Sulawesi. Keindahan terumbu karang yang membentang dari pulau Bunaken hingga pulau Bangka harus kita jaga dan lestarikan.”Kalau ada sorga di dunia. Sorga itu ada di utara pulau Sulawesi, Save Pulau Bangka,”teriak Kaka dari atas kapal Milik TNI AL kepada ribuan penonton disepanjang bibir pantai Malalayang dan Kalasey.

Diketahui, sampai saat ini keberadaan perusahaan tambang PT MMP yang beroperasi di pulau Bangka masih terjadi pro dan kontra.
Kegaiatan penanaman 1 juta terumbu karang dalam kegiatan SOLL di pantai Malalayang Manado (Foto Ist)
Kegiatan penanaman 1 juta terumbu karang ini juga didukung penuh Pemprov Sulut. “Kegiatan SOLL ini digelar untuk melestarikan ekosistem laut demi menyelamatkan habitat laut. Kegiatan yang termasuk Operasi Militer Selain Perang (OMSP) ini, untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,”terang Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Sulut Drs Sanny Parengkuan.

Kegiatan SOLL ini juga dihadiri Gubernur DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) dan Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil yang didampingi Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lementut dan unsur Forkompimda serta sejumlah kepala SKPD Jajaran Pemprov Sulut.

SOLL diisi dengan penanaman satu juta bibit terumbu karang di daerah seluas 100 hektare yang berada di 160 titik. Penanaman sudah dilakukan di 17 titik perairan Indonesia, yakni di Pantai Labuhan Brondong Lamongan, Pantai Desa Cemandi Sedari di Sidorarjo, Pantai Delegan di Gresik, Pantai Riang Desa Tawiri di Ambon, Pantai Labuan Banten, Pantai Teluk Ratai Lampung, Pantai Bama dan Pantai Pasir Putih Sidoarjo.

Selanjutnya Pantai Tugu Trikora Selat Lembeh Bitung Sulawesi Utara, Pulau Tidung dan Kepulauan Seribu, Pantai Ketapang Teluk Pandan Lampung, Pantai Melur Batam Kepuluan Riau, Pulau Berhala Sumatera Utara, Pasir Tanjung Lesung Banten, Pantai Kadingareng Sulawesi Selatan, Pulau Pramuka Kepulauan Seribu, dan yang terakhir Pulau Weh.(tim/sulutonline).