Gubernur: Mari Kita Isi Kemerdekaan Dengan Pembangunan

Gubernur SHS saat Irup Peringatan Hari KemerdekaGubernur SHS saat Irup Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 70 Tahun tingkat Pemprov Sulut

SHS Irup Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI Pemprov Sulut

Manado-Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) saat memimpin renungan dalam peringatan proklamasi Kemerdekaan RI ke-70 tingkat Provinsi Sulut, Senin (17/08/2015) pagi di halaman kantor gubernur Sulut, mengajak agar seluruh komponen bangsa yang ada di Nyiur Melambai untuk mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan.

“Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia merupakan hasil perjuangan dari para Pahlawan, dengan darah dan air mata, maka selayaknya generasi saat ini mengisi kemerdekaan dengan pembangunan kearah yang lebih baik,”ajak SHS.

Dalam upacara yang berlangsung hikmah ini, pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sulut dengan langkah tegap melakukan pengibaran bendera Merah Putih yang diiringan lagu kebangsaan Indonesia Raya dari Korsik Korem 131 Santiago. Sebelumnya, Ria Kalalo Siswi SMA Negeri I Airmadidi Minut yang dipercayakan sebagai pemegang baki telah menerima Bendera Merah Putih yang diserahkan Gubernur Sulut selaku Inspektur Upacara untuk dikibarkan.
 Detik -detik pengibaran bendera Merah Putih di halaman kantor gubernur Sulut
Sementara Komandan Tim Baracuda Polda Sulut AKBP Arya Permana bertindak selaku komandan Upacara. Sedangkan pembaca Teks Proklamasi Kemerdekaan RI disampaikan oleh Ketua DPRD Provinsi Sulut Drs Steven Kandou, yang ditutup dengan pembacaan Doa oleh Kakanwil Kemenag Sulut Drs H Soleman.

Kemudian pada sore hari, kembali Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang, bertindak selaku Inspektur Upacara penurunan bendera Merah Putih di halaman kantor gubernur Sulut.

Upacara yang berlangsung hikmat di mana para siswa Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sulut, dengan tenang menurunkan Sang Merah Putih. Sementara Erika Sisilia Wenas Siswa SMA Kristen 1 Tomohon selaku pemegang baki menerima Sang Merah Putih untuk diserahkan kembali kepada Inspektur Upacara.
SHS saat menyerahkan bendera Sang Saka Merah Putih untuk di kibarkan
Bertindak selaku Komandan Upacara penurunan bendera adalah Wadan Raiders 712 Mayor Inf Ziaq Ulhag. Dalam upacara tersebut para siswa siswi SMP Kristen Ebenhaezer telah mengisi puji-pujian.

Usai upacara dilanjutkan dengan penyerahan kembali bendera Merah Putih yang telah dikibarkan serta penyerahan Teks Proklamasi yang diterima Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sulut Ch Talumepa SH MSi.

Turut hadir dalam peringatan detik-detik Proklamasi ini, First Lady Sulut Ny Deetje Sarundajang laoh Tambuwun, Wakil Gubernur Sulut DR Djouhari Kansil MPd bersama Isteri Ny Mieke kansil Tatengkeng, Ketua DPRD Sulut Drs Steven Kandou bersama Isteri Ny dr Devi Tanos, Sekdaprov Sulut Ir Siswa R Mokodongan, Unsur Forkopimda Sulut, Konjen Philipina, Anggota DPRD Sulut, Unsur pimpinan Generasi Muda, Pejabat Eselon II, III serta para Undangan.
Foto bersama Gubernur, Wagub, Sekdaprov Sulut bersama unsur Forkompimda dan anggota dewan serta pejabat teras Sulut
Dalam kesempatan itu juga, Wagub Sulut DR Djouhari Kansil menerima pengharggaan “Dharma Karya Kencana” dari kepala BKKBN Pusat. Sedangkan Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sulut Christiano Edwin Talumepa SH MSi, Inspektur Provinsi Sulut Praseno Hadi AK MM, Kadis Perhubungan, Komuniaksi dan Informatika Provinsi Sulut Drs Joi EB Oroh, Kadis Kelautan dan Perikanan provinsi Sulut Ir Ronald Sorongan MSi, Kepala Sub Bidang Diklat Kepemimpinan pada Bandiklat Sulut Mariance M E S Sambow S.STP menerima SK kenaikan pangkat yang diserahkan gubernur Sulut.

Sebelumnya pada pagi hari, sebelum upacara peringatan detik-detik proklamasi jajaran Pemprov Sulut menggelar aksi teaterikal oleh teater Holic yang menggambarkan sejarah perjuangan Kemerdekaan RI. Kemudian usai pengibaran bendera Merah Putih, dilakukan pertemuan bersama para pejuang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sulut. Dan pada malam harinya diadakan Toast Kemerdekaan di gubernuran Bumi Beringin Manado.(ADVETORIAL/HUMAS PEMPROV).
Tost kenegaraan dalam rangka peringatan HUT ke 70 RI di Pemprov Sulut