Parengkuan: Kegiatan Pertambangan SKJ Dihentikan Sementara

Drs Sanny ParengkuanDrs Sanny Parengkuan

Diduga Lakukan Pencemaran dan Hilangnya Sumber Air

Manado-Pemprov Sulut akhirnya menjawab tuntutan warga Tateli yang menolak aktivitas pertambang galian C PT Sederhana Karya Jaya (SKJ) di Tateli Kabupaten Minahasa. Bahkan dalam rapat bersama yang juga dihadiri pihak SKJ di kantor gubernur menyebutkan, aktivitas mereka dihentikan sementara.

“Iya, sesuai hasil rapat bersama yang dihadiri SKPD terkait diantaranya BLH, Biro SDA, Biro Hukum dan Dinas ESDM serta pihak SKJ, disimpulkan untuk menghentikan sementara aktivitas penambangan galian C mereka,”terang Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Sulut Drs Sanny Parengkuan, Rabu (19/08/2015).

Bahkan menurut Parengkuan, bahwa Surat Keputusan (SK) gubernur Sulut terkait pemberhentian secara permanen sementara dalam kajian untuk diterbitkan.

Parengkuan menambahkan, tuntutan warga Tateli yang telah berjuang beberapa tahun menolak aktivitas SKJ telah direspon Pemprov Sulut. “Apalagi, kewenangan perijinan pertambangan tidak lagi menjadi urusan kabupaten kota, melainkan sudah menjadi kewenangan Provinsi, dalam hal ini gubernur sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah,”tegas Parengkuan.

Diketahui, perusahaan tambang galian C –SKJ sering didemo warga sekitarnya sejak beberapa tahun terakhir ini.(tim/sulutonline).