ASN Harus Jadi Pelopor Figur Teladan

Wagub Sulut DR Djouhari KansilWagub Sulut DR Djouhari Kansil

Manado-Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil M.Pd saat membuka seleksi pemilihan aparatur sipil Negara (ASN) teladan tingkat provinsi Sulut tahun 2015 di ruang CJ Rantung, Rabu (02/09/2015) menegaskan bagi pegawai teladan hendaknya meneladani ilmu padi, semakin tua semakin merunduk.

“ Jika mampu melaksanakan itu, maka merupakan suatu kehormatan yang harus dijaga diiringi dengan besarnya tanggung jawab yang dipukul untuk membuktikan arti keteladanan dalam pengabdian, arti totalitas dalam berkarya dan arti loyalitas dalam dedikasi baik di lingkungan kerja maupun di tengah kehidupan sosial bermasyarakat,”ingat Wagub.

Dikatakan, predikat teladan itu harus mampu dijaga dengan baik, tidak ada kesombongan, menganggap diri lebih baik dari orang lain, tapi sebaliknya harus mampu merendahkan diri.

Wagub juga mengingatkan dalam sebuah kompetisi maka diantara peserta, ada yang akan menjadi pemenang, ada yang tidak memperoleh gelar, namun sesungguhnya semua adalah kader-kader daerah yang memiliki mutu, potensi dan kualifikasi yang baik.

Untuk itu Wagub berharap sekembalinya ke tempat tugas masing-masing, tampilah menjadi figur-figur pelopor yang layak diteladani baik dalam etika, disiplin maupun dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab.“Tunjukanlah kemampuan dan kesungguhan untuk mengukir karya pengabdian tanpa dibatasi oleh sekat-sekat, ruang dan waktu, sehingga akan memperoleh kepuasan sendiri dalam menunaikan panggilan tugas mulia ini,” tandas Wagub.

Sementara Kaban BKD DR Femmy J Suluh M.Si melalui Kabid JIK dan Keswai Drs Andra K Mawuntu mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan yaitu untuk menciptakan sosok ASN yang memiliki ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa.

“Serta setia pada Pancasila, UU 1945 Negara dan pemerintah serta berpengetahuan, etika yang baik, cerdas, berkualitas, terampil, disiplin, memiliki etos kerja dan bertanggungjawab sehingga dapat dijadikan panutan teladan bagi masyarakat secara umum dan pegawai lainya secara khusus,”terangnya.

Sedangkan pesertanya berjumlah 57 orang yang merupakan pejabat struktural Eselon III dilingkungan pemprov dan Kabupaten Kota se-Sulut sebanyak 27 orang, serta pejabat Struktural Eselon IV di lingkungan pemprov berjumlah 30 orang.

Pelaksanaan seleksi dilaksanakan dua tahap mulai dari tanggal 2-10 September 2015 sedangkan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah dilaksanakan pada upacara HUT Provinsi tanggal 23 September 2015. (tim/sulutonline).

,