BPBD: Hemat Air, Sulut Krisis Air Bersih

Kepala BPBD Sulut Ir Noldy Liow didampingi Kabid Penanganan Darurat Drs Jhon Wungow saat memberikan keterangan PersKepala BPBD Sulut Ir Noldy Liow didampingi Kabid Penanganan Darurat Drs Jhon Wungow saat memberikan keterangan Pers

Sulut Dalam Posisi Darurat Kekeringan

Manado
-Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut, Ir Noldy Liow menegaskan Provinsi Sulawesi Utara saat ini dalam posisi darurat kekeringan. Mengingat musim kemarau sudah berjalan cukup lama, sehingga diperlukan antisipasi dan penanganan lebih lanjut.

Karena itu, BPBD Sulut katanya, telah melakukan koordinasi dengan Kabupaten Kota mengantisipasi kekeringan yang terjadi dengan melakukan pengoboran untuk dipasangkan pompa air gratis untuk mendapatkan air bersih dibeberapa lokasi yang kritis saat ini.

“Sudah ada beberapa lokasi yang memang memerlukan penanganan serius. Untuk itu, kabupaten kota segera menindaklanjutinya. Pemprov Sulut akan menyiapkan bantuan bila sangat diperlukan oleh Kabupaten Kota,”katanya, Kamis (03/09/2015).

Diingkatkan Liow, masyarakat Sulut agar tetap melakukan penghematan terkait dengan air saat ini, termasuk menjaga lokasi-lokasi mata air sehingga masih dapat dipakai untuk keperluan masyarakat. Selain itu, pelaksanaan pengeboran air ini untuk dipakai oleh masyarakat secara umum bukan pribadi.

Liow juga memintakan masyarakat untuk tetap tenang dan sabar sekaligus berdoa kepada yang Maha Kuasa agar masa kekeringan segera berakhir.(tim/sulutonline).