Walikota GSVL Semangati Warga Bantik

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut saat memberikan sambutan (Foto-Ist)Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut saat memberikan sambutan (Foto-Ist)

Hadiri Langsung Dalam Festival Budaya Bantik

Manado– Walikota Manado, DR GS Vicky Lumentut (GSVL) saat peringatan acara Puncak Festival Seni Budaya Bantik dan Peringatan Gugurnya Pahlawan Nasional R.W. Mongisidi ke-66 di Lapangan Bantik Malalayang, Sabtu (05/09/2015) , mengingatkan masyarakat, khususnya kerukunan kerabat Bantik untuk terus melestarikan budaya tersebut agar menjadi potensi dan keistimewaan bagi Kota Manado.

GSVL yang hadir langsung dan ikut menyukseskan kegiatan bertema Festival Adat dan Seni Budaya Bantik itu, menyebutkan, Pemerintah Kota Manado, dan sebagai Walikota serta secara pribadi sepenuhnya mensuport Adat Bantik ini.

“Memang selama 5 tahun kepemimpinan, saya tetap memberikan perhatian terhadap pengembangan serta pelestarian budaya Bantik. Festival Seni Budaya Bantik ini merupakan kekayaan budaya bagi kita di Kota Manado. Mari menjaga peninggalan budaya warisan para pendahulu kita, memang banyak hal terkait upaya mempertahankan eksistensi budaya ini diperkuat, mari kita bersama-sama menerapkan nilai-nilai budaya yang sifatnya humanis, dan historis,”ingat GSVL yang juga Ketua APEKSI ini.
GSVL disambut tarian kabasaran Bantik saat tiba di lapangan Bantik Malalayang (Foto Ist)
GSVL tak lupa memberikan apresiasi kepada panitia dan segenap pengurus Adat Bantik yang terus eksis menjaga dan mengembangkan warisan kebudayaan yang ditinggalkan para pendahulu. Bagi GSVL kepeduliannya pada pelestarian budaya serta penghargaan terhadap perlunya budaya ditegakkan merupakan hal yang diprioritaskan, karena bagi GSVL budaya kearifan lokal harus terus dijaga, sebab didalamnya mengandung nilai-nilai universal.

Untuk diketahui kegiatan ini juga dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Utara DR Djouhari Kansil, Ketua DPRD Kota Manado Nortje Henny Van Bone, bersama sejumlah Camat dan para tokoh adat Bantik.(LIPUTAN KHUSUS).