SHS Teken MoU Dengan NOAA

SHS teken MoU dengan NOAASHS teken MoU dengan NOAA

Manado-Menjelang akhir masa jabatannya sebagai Gubernur Sulawesi Utara, DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) melaksanakan kunjungan kerjanya di Amerika Serikat pada tanggal 3 – 6 September 2015.

Dalam kunjungannya SHS melaksanakan penandatangangan Nota Kesepahaman (Memorandum of Undersatanding (MoU) kerjasama pengembangan program informasi data system bumi dan atmosfir dengan Laboratorium Penellitian Sistem Bumi (Earth System Research Laboratory –ESRL), Badan Oseanografi dan Atmosfir Nasional (National Oceanography and Atmospheric Administration – NOAA) di Boulder, Colorado.

Penandatanganan MoU ini dilakukan setelah proses finalisasi pengadaan alat display informasi berupa bola dunia: S.O.S (Science on a Sphere) yang dibeli oleh pemerintah Sulawesi Utara dari NOAA telah selesai.

S.O.S adalah sebuah system display data yang berbentuk bola sebagai layarnya, kemudian data akan diproyeksikan menggunakan 4 buah proyektor dari 4 sudut, sehingga tayangan yang dihasilkan akan terlihat nyata.

Penandatangan MoU dilakukan di atas atap bangunan fasilitas ESRL – NOAA dengan berlatar belakang pemandangan bukit batu di kota Boulder.

S.O.S adalah yang pertama di Indonesia, dan merupakan tanda mata Gubernur Sarundajang untuk Masyarakat Sulut yang sangat berguna ilmu dan pengetahuan. Karena fasilitas ini sangat terkait erat dengan dunia pendidikan, penelitian, dan teknologi, Gubernur mengajak serta Rektor Unima dan Rektor Unsrat dalam kunjungan kerja ini.

SHS sendiri didampingi Kepala Bappeda Ir Royke Roring, Kepala Dinas Pendidikan Nasioanal Asiano Gamy Kawatu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ir Eddy Kenap, Sekretaris Pribadi Rollies Rondonuwu, dan Staf Khusus Gubernur Bidang Komunikasi Publik Freddy Lengkong.

Dalam kesempatan tersebut Baik Unsrat dan Unima melaksanakan penjajakan kerjasama di bidang penelitian keatmosfiran dan oseanografi.

Delegasi Sulut yang dipimpin SHS tiba di Denver, Colorado pada tanggal 3 September 3015 di siang hari, kemudian dilanjutkan dengan acara pertemuan dengan Kawanua yang berdomisili di Colorado dan sekitarnya.

Momen ini telah lama dinantikan oleh masyarakat Sulawesi Utara di USA, mengingat dalam kunjungan-kunjugan sebelumnya SHS hanya berkesempatan menunjungi masyarakat Sulut yang tinggal di Los Angeles, New York dan Washington DC saja.

Masyarakat sangat kagum dan memberikan penghargaan kepada SHS atas jasa dan pelayanannya membawa Sulawesi Utara lebih maju dan berdaya saiang tinggi. Gubernur SHS sendiri menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas dukungan Kawanua USA dalam membangun daerah kita tercinta. Tak lupa SHS juga memohon pamit serta permohonan maaf atas kekurangan selama menjabat sebagai Gubernur.

Dalam perjalanan pulang ke Indonesia, SHS menyempatkan diri bertatap muka walau hanya sejenak dengan Kawanua yang berada di Los Angeles dan sekitarnya. Pertemuan ini tidak dijadwalkan mengingat sempitnya waktu, namun masyarakat yang sudah memperoleh informasi bahwa Bapak Gubernur berada di Los Angeles, dengan antusias datang bergabung bersama di Restoran Sanamluang saat Gubernur dan Rombongan sedang santap malam.

Pada hari Minggu, 6 September 2015 siang, Gubernur dan Rombongan kembali ke Indonesia dan dijadwalkan tiba di Jakarta pada tanggal 7 September tengah malam. Setibanya di Manado tanggal 8 September, Gubernur melanjutkan kegiatannya mengunjungi pulau pulau terluar di bagian utara dengan menumpang kapal perang Angkatan Laut RI.(tim/sulutonline).