Soemarsono Janji 4 DOB Sulut Tuntas

Jumpa Pers bersama Penjabat Gubernur Sulut DR  Soni Sumarsono, DR Sinyo Harry Sarundajang, DR Djouhari Kansil (Foto Ist)Jumpa Pers bersama Penjabat Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono, DR Sinyo Harry Sarundajang, DR Djouhari Kansil (Foto Ist)

Manado-Ini tentunya kabar gembira bagi warga Sulut, khususnya terkait 4 usulan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) termasuk calon Provinsi Bolaang Mongondow Raya (BMR). Pasalnya, penjabat Gubernur DR Soni Soemarsono yang juga Direktur Jenderal (Dirken) Otonomi Daerah (Otda) berjanji akan menuntaskan usulan tersebut selama dirinya berada di Sulut.

Penegasan itu dikatakannya saat jumpa pers bersama mantan Gubernur Dr Sinyo Harry Sarundajang dan Wagub Dr Djouhari Kansil MPd serta Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan berikut pejabat Pemprov Sulut di VVIP Pemprov Bandara Sam Ratulangi Manado, Selasa (22/09/2015) sore.

“Selama 6 bulan memimpin Sulut saya sendiri yang akan mengawal proses usulan pemekaran 4 DOB di Sulut tersebut,”tegasnya.

Dikatakan, sebagai Dirjen Otda, kebijakan pemekaran daerah ada 87 DOB yang masuk daftar, 65 sudah ada Ampres, 22 baru surat pengantar DPR.”Di meja saya ada 122 Usulan. Nah, untuk usulan pemekaran 4 DOB Sulut masuk di 65 DOB,"ungkap Soemarsono.

Dipastikan Soemarsono, sebelum memgakhiri masa jebatan sebagai Penjabat Gubernur Sulut, usulan DOB di Sulut, akan direalisasikan.

"Saya sebagai Penjabat Gubernur Sulut, saya akan memberikan dukungan penuh terhadap DOB di Sulut yang di usulkan, saya rasanya malu meninggalkan Sulut, jika pemekaran DOB ini belum selesai,"tegasnya yang disambut tepuk tangan, sembari bercanda dirinya akan melaporkan 4 DOB di Sulut ke Dirjen Otda, yakni dirinya sendiri.

Sementara itu, mantan Gubernur Sulut, DR Sinyo Harry Sarundajang, dikesempatan yang sama menuturkan, Sulut beruntung memiliki Penjabat Gubernur DR Soni Sumarsono.

"Kita beruntung memiliki Penjabat Gubernur Sulut, DR. Soni Soemarsono, seorang Pejabat dengan karir Profesional. Saya yakin Bapak Soemarsono dapat memperjuangkan usulan DOB di Sulut,"ingat SHS.(tim/sulutonline).