Pemkot Manado Salurkan Bantuan Hewan Qurban

Walikota GSVL saat menyerahkan bantuaWalikota GSVL saat menyerahkan bantuan hewan qurban pada Ketua PHBI Manado Amir Liputo

GSVL: Selamat Menyambut Idul Adha

Manado-Ini tentunya kabar gembira bagi umat Muslim khususnya Kota Manado. Pasalnya, jika biasanya bantuan hewan qurban Satu ekor Sapi untuk setiap kemacatan, ke depan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut (GSVL) mengusulkan agar mendapat Dua ekor Sapi untuk hewan qurban.

Diakui GSVL, bantuan 1 ekor Sapi untuk hewan qurban bagi setiap kecamatan memang tidak cukup. Untuk itu, GSVL dalam sambutannya saat menyerahkan bantuan hewan qurban Pemerintah Kota Manado, di lapangan Sparta Tikala, Rabu (23/09/2015) meminta agar Ketua Dewan Kota yang kebetulan ikut hadir, menyetujui usulannya untuk menganggarkan penambahan bantuan tersebut melalui pembahasan APBD 2016 yang nantinya akan dibahas pada bulan November 2015 mendatang.

”Jika sebelumnya 1 kecamatan 1 ekor Sapi hewan qurban. Maka kedepan menjadi 2 ekor Sapi untuk hewan qurban setiap Idul Adha. Untuk itu, bagi saudara –saudara saya umat Muslim, selamat menyambut Idul Adha 1436 Hijriah dan selamat berqurban,”katanya yang disambut applaus para imam Masjid yang hadir, termasuk Ketua PHBI Kota Manado Amir Liputo SH, Kandepag Manado Lili Resmana, para ibu-ibu Kerukunan Wanita Islam (KWI).
Walikota GSVL saat menandatangani bantuan hewan qurban untuk umat Muslim Manado
Pada bagian lain, GSVL kembali mengingatkan agar seluruh warga Kota Manado tetap menjaga stabilitas keamanan bersama.”Mari kita jaga keamanan Kota Manado sampai pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2015 mendatang,”ujarnya.

Tak lupa GSVL menyebutkan selamat bertugas bagi penjabat Gubernur DR Sumarsono, dan ucapan terima kasih pada DR Sinyo Harry Sarundajang dan DR Djouhari Kansil (gubernur – wakil gubernur periode 2010-2015) yang telah menghantarkan Sulut ke mpentas dunia sehingga multiplayer effectnya begitu terasa di Sulut, khususnya Kota Manado.

Sementara, Ketua PHBI Kota Manado Amir Liputo SH menyebutkan, selama 5 tahun kepemimpinan Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut, PHBI selalu mendapat bantuan hewan Qurban. “Alhamdulillah, ini patut disyukuri,”ingatnya.
 /Foto bersama dengan para Imam Masjid dan anggota KWI
Dikatakan Liputo, khusus Kota Manado PHBI menyiapkan 154 lokasi Sholat Idul Adha. “Untuk lokasi Sholat Idul Adha lapangan Sparta Tikala, nantinya penjabat Gubernur Sulut DR Sumarsono akan sholat bersama umat Muslim,”terangnya.

Sementara, hewan Qurban yang yang tercatat di PHBI ada 681 hewan. Khusus pemerintah Kota Manado menyumbangkan 11 hewan qurban untuk 11 masjid yang ada di kota Manado. Selain itu, ada tambahan sumbangan hewan qurban secara pribadi dari Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut, sebanyak 8 ekor sapi, berikut 1 ekor hewan qurban dari istri walikota Prof Ny Paula Lumentut-Runtuwene.

Dijelaskan, semua sumbangan yang tercatat di PHBI akan diprioritaskan bagi masjid yang tidak ada hewan qurban. “ Ini agar masyarakat kurang mampu bisa mendapat hewan qurban,”terangya.(LIPUTAN KHUSUS).

Berikut 11 Masjid penerima bantuan hewan qurban dari Pemerintah Kota Manado;
1. Baramuli Katili (Imam) Masjid At-Taubah, Bailang.
2. Marwan Lasama (BTM) Masjid An-Nur, Sumompo.
3. Abdul Karama (Imam) Masjid Jabar Nur, Singkil.
4. Abd Hajirat (Imam) Masjid Al-Muhajirin, Paniki.
5. Asran Hilimi (BTM) Masjid Al-Magfirah, Banjer.
6. Anwar Husain (BTM) Al-Mubaroqah, Makeret.
7. Yuman Daud (Imam) Masjid Al-Hijrah, Ranotana.
8. Damogalad (Imam) Masjid Al-Muhajidin, Sakobar.
9. Masloman (BTM) Masjid Al-Muhajirin, Malalayang.
10. Rahim (PHBI) Masjid Al-Munawarah, Bunaken.
11. Samsudin Rampe (Imam) Al-Magbulin, Taas.