Astaga? Sudah 3 Hari Penjabat Gubernur Masih Nginap di Hotel?

Penjabat Gubernur Sulut DR Sumarsono saat menjadi Irup dalam peringatan HUT ke 51 Pemprov SulutPenjabat Gubernur Sulut DR Sumarsono saat menjadi Irup dalam peringatan HUT ke 51 Pemprov Sulut

Manado-Memiriskan! penjabat Gubernur Sulut DR Sumarsono yang diberi kewenangan penuh oleh Mendagri Tjahlo Kumolo melalui SK Presiden Jokowi, ternyata sudah 3 hari sejak menginjakan kaki di bumi Nyiur Melambai masih nginap bersama keluarganya di salah satu hotel di Manado.

Keadaan ini tentu saja menuai tanggapan berbagai kalangan. Padahal menurut pengamat politik dan pemerintahan Sulut Taufik Tumbelaka, keadaan ini harus segera diatasi Pemprov Sulut.

Dikatakan Tumbelaka, apapun alasannya, seharusnya jauh-jauh hari sebelum Sertijab di Jakarta di gedung Sasana Bahkti Praja Kemendagri di jalan Medan Merdeka Utara No 7 Jakarta Pusat, Senin (21/09/2015) lalu, Pemprov Sulut sudah menyiapkan Rumah Dinas (Rudis) atau rumah jabatan yang layak bagi penjabat gubernur Sulut.

”Apalagi di kompleks gubernuran banyak sekali rumah dinas milik Pemprov. Ini sudah menyangkut kewibawaan jabatan. Apalagi selain diberi kewenangan penuh sebagai penjabat gubernur Sulut, DR Sumarsono juga adalah Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri yang dari tangannya keluar rekomendasi Daerah Otonomi Baru (DOB),”sesalnya.

Penjabat Gubernur Sulut DR Sumarsono sendiri saat dimintai tanggapannya soal itu, terlihat tersenyum kecut.”Iya, malah lebih enak di hotel. Jika perlu sesuatu tinggal telpon hehehe. Nda apa-apa kok, lagipula sesuai informasi rumah dinas gubernur sementara diperbaiki,”jawabnya santai usai acara silahturahmi Idul Adha di Graha Bumi Beringin Manado, Kamis (24/09/2015.

Sementara Asisten Administrasi Setdaprov Sulut Christiano Talumepa SH, membenarkan jika rumah dinas gubernur Sulut yang berada di kompleks gubernuran Bumi Beringin Manado, masih dalam taraf renovasi.

“Memang masih dalam taraf renovasi, sebab ada beberapa bagian ruangan yang perlu diperbaiki. Mungkin satu atau dua minggu ke depan baru bisa ditempati,”katanya.(tim/sulutonline).