Ribuan PNS Pemprov Terharu Saat Melepas Sarundajang – Kansil

SHS bersama Ibu Dei diarak pakai Bendi dengan Kusir Sekdaprov Sulut dan Kadispora SulutSHS bersama Ibu Dei diarak pakai Bendi dengan Kusir Sekdaprov Sulut dan Kadispora Sulut

Sumarsono Secara Resmi Lepas SHS-Berhasil

Manado
-Suasana haru penuh bahagia dan bangga menyelimuti kantor gubernur Sulut Rabu, (30/09/2015) pagi, saat ribuan PNS Pemprov Sulut dan anak sekolah melepas purna tugas Gubernur Sulut periode 2005-2015 DR Sinyo Harry Sarundajang dan Wakil Gubernur Sulut periode 2010-2015 DR Djouhari Kansil.

Para pegawai baik dari eselon II, III, IV hingga tenaga honorer, berbondong-bondong dan berdesakan menghampiri arak-arakan “Bendi” yang dinaiki Sarundajang dan Kansil dari lobby hingga pintu gerbang keluar kantor gubernur untuk memberikan jabat tangan dan penghormatan terakhir kepada dua sosok yang telah banyak membangun Sulut selama kurun waktu 10 dan 5 tahun terakhir.

Raut muka Sarundajang dan Kansil terlihat haru saat mendapat salam perpisahan dari para pegawai. Berkali kali hanya tedengar kata terima kasih keluar dari bibir Sarundajang dan Kansil saat menyapa para pegawai di samping mereka.
DR Djouhari Kansil bersama ibu Mieke Tatengkeng saat diarak pakai Bendi dengan kusir Kadis Perhubungan Sulut
Tak ketinggalan juga para pegawai mengajak foto “selfie” dengan dua tokoh visioner Sulut yang banyak memberi gagasan, karya dan kerja bagi kemajuan masyarakat Sulut yang semakin berbudaya dan berdaya saing sejahtera ini sebelum Sarundajang-Kansil menaiki mobil masing-masing untuk meninggalkan kantor gubernur.

Para pejabat eselon II baik pria dan wanita tak kuasa juga menahan haru mereka saat berjabat tangan dengan Sarundang dan ibu Deitje serta Kansil bersama ibu Meike, beberapa pejabat terdengar menyampaikan permintaan maaf jika selama ini melakukan kesalahan baik sengaja ataupun tidak.

Kedua mantan pimpinan TP PKK Sulut ini pun membalas dengan ucapan maaf serta terima kasih telah mendukung mereka dan bapak selama menjabat gubernur dan wagub.
 Sumarsono saat mengalungkan bunga pada Sarundajang - Kansil
Sebelumnya dilakukan upacara pelepasan, bertindak sebagai inspektur upacara ialah Sarundajang dengan komandan upacara Kepala Biro Umum Jemmy Ringkuangan.

Dalam sambutannya, Sarundajang menyampaikan permohonan maaf dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dirinya bersama Kansil selama menjabat, kiranya berbagai prestasi yang telah diraih dapat ditingkatkan dan kekurangan dapat diminimalisir.

“Disini saya berdiri yang terakhir kali. Ini merupakan nostalgia. Dan merupakan kearifan penjabat gubernur untuk melaksanakan upacara perpisahan ini. Terima kasih bagi semua kolega saya yang telah membantu, mendukung saya dengan pak Kansil. Saya maafkan jika diantara saudara-saudara punya salah pada saya. Sebaliknya, jika saya dan pak Kansil bersama keluarga punya salah, tolong maafkan kami,”ujar SHS sebutan untuk mantan gubernur DR Sinyo Harry Sarundajang dengan suara haru bergetar.
 Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan saat memberikan hadiah foto kenangan pada DR Sinyo Harry Sarundajang
Hadir juga dalam acara tersebut Penjabat Gubernur Sulut DR Sumarsono,MDM bersama Ibu Tri Rahayu yang juga memberikan cenderamata dan pengalungan bunga kepada Sarundajang-Kansil sebagai simbol terima kasih atas pengabdian selama ini.

Sama halnya juga dengan Sekdaprov Sulut Ir Siswa R Mokodongan yang memberikan cenderamata kepada Sarundajang-Kansil.(tim/sulutonline)
 Lautan PNS Pemprov Sulut saat mengantar mantan Gubernur DR Sinyo Harry Sarundajang dan Wakil Gubernur DR Djouhari Kansil