Trio Pimdekot Pantau Ujian

Walikota GSVL saat memantau Ujian Nasional di SMA SMK di Sekolah SMA 1 dan SMK 1 ManadoWalikota GSVL saat memantau Ujian Nasional di SMA SMK di Sekolah SMA 1 dan SMK 1 Manado

"GSVL Janji Bonus Bagi Siswa Lulusan Terbaik"

Manado-Pelaksanaan Ujian Nasional Siswa dan Siswi tingkat SMA/SMK dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia. Pemerintah Kota Manado dalam hal ini Walikota Manado G S Vicky Lumentut didampingi Ketua DPRD Kota Manado, Norje van Bone serta Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado, Corry Tendean, SH melakukan Pemantauan dan membuka langsung Naskah ujian di sejumlah sekolah yang ada di Kota Manado Senin (13/04/2015) pagi.

Saat memberikan motivasi kepada para Siswa siswi yang akan melaksanakan Ujian Nasional di SMA 1 dan SMK 1, Walikota GSVL mengatakan agar para siswa siswi dapat budayakan sikap jujur dan bertanggung jawab. Dan untuk para guru, Walikota berpesan agar para Guru dapat memberi kepercayaan sepenuhnya kepada para peserta ujian, untuk mengisi sendiri lembar jawaban tanpa harus dibantu memberikan bocoran soal.

“Torang semua pasti berkerinduan agar di setiap menatap ujian akhir sekolah, semua siswa harus lulus ujian. Tapi sebaiknya saat ini lulus dengan murni hasil jerih payah atau usaha dari murid itu sendiri, yakni tanpa ditolong guru yang memberikan bocoran jawaban serta tanpa hasil usaha mencontek,” ujar GSVL sesuai sapaan akrab Walikota.

Walikota GSVL juga berjanji kepada para peserta UN tingkat SMA SMK se-Kota Manado akan mendapatkan bonus ke luar negeri bagi siswa siswi di Kota Manado yang meraih nilai tertinggi dalam ujian tersebut.

“Jika ada peserta UN yang lulus dengan nilai tertinggi se-daerah Nyiur Melambai (sebutan lain Provinsi Sulut) maupun tertinggi nilai di Kota Manado, maka akan diberi bonus hadiah jalan-jalan berlibur atau melihat kampus universitas ternama di Jepang maupun Singapura selama sepekan. Jadi mari peserta UN, untuk bisa tunjukkan kemampuan dengan meraih nilai tertinggi secara jujur dan bertanggung-jawab,” ujar Walikota GSVL meyakinkan yang disambut tepuk tangan semua peserta ujian nasional.
Wakil Walikota saat memantau Ujian Nasional di SMA SMK Kr EL Fatah Manado
Sementara Wakil Walikota Manado membuka naskah Ujian Nasional (UN) di SMA/SMK Kr EL Fatah Manado. Harley Mangindaan yang didampingi Assisten I, Josua Pangkerego, Wakil Ketua Dekot, Drs Danny Sondakh, Sekretaris Diknas, Daglan Walangitan, Wakil Ketua Komisi D, Dijana Pakasa dan Kabid PNFI, Nortje Mengko juga memberikan motivasi kepada para siswa yang mengikuti ujian.

“Dengan memberikan motivasi kepada peserta ujian, anak-anak kita diharapkan dapat memperoleh kelulusan yang maksimal,” ungkap Wakil Walikota.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado, Ir.M.H.F Sendoh membuka dan mengawasi jalannya Ujian Nasional (UN) di SMA Katholik Fr. Don Bosco Manado. Sekda yang didampingi Kabid Dikdas, James Monolimay dan Kepala Sekolah, SMA Frater Don Bosco Manado, Fr. Paulus Leo Leu SPd CMM menitip pesan kepada peserta ujian untuk lebih teliti dalam mengisi lembar jawab dan juga identitas para peserta ujian.
Sekot Manado saat membukan naskah ujian di SMA Katholik Fr. Don Bosco Manado
“Harap teliti dalam mengisi LJK, dan selamat melaksanakan ujian. Berdoa dan kerjakan. Kerjakan dulu yang mudah,” kata Sekda kepada para siswa sembari berharap peserta UN selalu berdoa dan berusaha serta tidak mudah menyerah dalam mengikuti UN.

Pelaksanaan Ujian Nasional SMA, MA, SMK Tahun Pelajaran 2014-2015 di Kota Manado dilaksanakan 13-15 April 2015 dengan Jumlah Peserta Seluruhnya 7.792 siswa terdiri dari 4.408 siswa SMA/MA dan 3.384 siswa SMK.

Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut saat membuka soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK di Sekolah SMA 1 dan SMK 1 Manado, turut membagikan soal dan berikan arahan serta motivasi kepada para guru dan siswa untuk bisa menjalankan hajatan nasional ini secara jujur dan bertanggung-jawab.
Walikota GSVL didampingi Ketua Dewan saat memantau pelaksanaan Ujian Nasioanal
“Para guru atau pihak sekolah kalau sayang kepada anak didiknya. Kiranya bisa memberi kepercayaan sepenuhnya kepada para peserta ujian. Untuk mengisi sendiri lembar jawaban tanpa harus dibantu memberikan bocoran soal,”terang Walikota.

Menurut GSVL, torang semua pasti berkerinduan agar di setiap menatap ujian akhir sekolah, semua siswa harus lulus ujian. Tapi sebaiknya saat ini lulus dengan murni hasil jerih payah atau usaha dari murid itu sendiri, yakni tanpa ditolong guru yang memberikan bocoran jawaban serta tanpa hasil usaha mencontek.

“Saya berharap kepada para siswa agar bisa mengisi soal soal yang diberikan, tanpa ada bantuan dari siapapun. Agar supaya bisa lulus dengan murni,”ujar Walikota.
Walikota GSVL serius memperhatikan siswa -siswa saat Ujian Nasional
GSVL menambahkan, untuk itu, sudah menjadi tekad dan janji dirinya kepada para peserta UN tingkat SMA/SMK kali ini se Kota Manado. Jika ada peserta UN yang lulus dengan nilai tertinggi se daerah Nyiur Melambai Sulut maupun tertinggi nilai di Kota Manado, maka itu akan diberi bonus hadiah jalan-jalan berlibur atau melihat kampus universitas ternama di Jepang maupun Singapura selama sepekan.

“Para peserta UN, untuk bisa tunjukkan kemampuan dengan meraih nilai tertinggi secara jujur dan bertanggung-jawab,” saran Walikota GSVL disambut senyum penuh harap peserta UN yang ada. (LIPUTAN KHUSUS).