Penjabat Gubernur Tatap Muka dengan ASN Talaud

Penjabat Gubernur DR Soni Sumarsono saat tatap muka dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan TalaudPenjabat Gubernur DR Soni Sumarsono saat tatap muka dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud

Melonguane-Usai menjadi Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Melonguane, Talaud, penjabat Gubernur Sulawesi Utara DR Soni Sumarsono meluangkan waktu, bertatap muka dengan segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di daerah kepulauan itu.

"Ini kehormatan bagi saya menjadi Irup. Baik selaku penjabat gubernur Sulawesi Utara maupun Dirjen Otda," ujar Sumarsono

Dalam pertemuan dengan para ASN di Talaud, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri yang juga pembina utama ASN berpesan kepada ASN setempat untuk mendukung dengan tulus dan sungguh-sungguh pemerintah Jokowi."Saya berpesan agar semua ASN di Kepulauan Talaud mendukung pemerintahan Jokowi, utamanya mewujudkan Revolusi Mental dalam bingkai Nawacita," pesan Sumarsono.

Secara khusus, Sumarsono juga memberikan penegasan tentang pesan Mendagri Tjahyo Kumolo bahwa salah satu misi Kemendagri mewujudkan Nawacita Jokowi yaitu membangun negara melalui dan dari pinggiran.
Talaud merupakan daerah pinggiran Indonesia. Namun setiap daerah pinggiran Indonesia itu bakal dibenahi, ditata sehingga menjadi beranda depan atau gerbang nusantara.

"Melihat semangat warga Melonguane, saya sangat-sangat hakul yakin, Talaud siap menjadi daerah paling depan yang maju, sejahtera dan beradab," ujar mantan wartawan di Yogyakarta semasa mahasiswa Universitas Gajah Mada ini.

Sumarsono juga mendorong dan memotivasi setiap pejabat, ASN dan segenap komponen di Kabupaten Talaud untuk mewujudkan cita-cita Presiden Jokowi membangun tol laut.
Penjabat Gubernur DR Soni Sumarsono berkesempatan mendamaikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud yang sebelumnya tidak harmoni
“Warga Talaud dan warga Sulawesi Utara pada umumnya, saya dorong harus menjadi pelopor pembangunan tol laut. Apalagi Sulawesi Utara merupakan daerah kepulauan yang kaya akan sumber daya kelautan dan perikanan. Mari kita upayakan agar potensi Sulawesi Utara di sektor perikanan dan kelautan memberikan sumbangsih bagi perekonomian nasional. Walaupun saya baru seumur jagung di Sulawesi Utara, saya sangat surprise. Surprise karena begitu antusiasmenya masyarakat membangun Nyiur Melambai sehingga siap menjadi gerbang ke dan dari pasifik,"kata Sumarsono.

Untuk mengakselerasi pembangunan tol laut Indonesia di daerah ini, Sumarsono juga menegaskan pemerintah pusat serius mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di kota Bitung dan Minahasa Utara. KEK yang digagas pemerintahan sebelumnya, dalam pandangan Sumarsono harus terus didorong pembangunannya. Dirinya juga mengimbau agar masyarakat berpartisipasi secara aktif, sehinggga KEK Manado-Bitung segera terwujud.(tim/sulutonline)