Raih WTP, Walikota Manado GSVL Terima Penghargaan Menkeu RI

Walikota GSVL saat menerimanpenghargaan dari Menkeu RIWalikota GSVL saat menerimanpenghargaan dari Menkeu RI

Manado-Upaya dan kerja keras jajaran Pemerintah Kota Manado di bawah kepemimpinan Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut, Wakil Walikota, Harley A.B. Mangindaan, dan Sekda Kota Manado, M.H.F. Sendoh, sekali lagi mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat.

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut pada Jumat 2 Oktober 2015 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan di tengah Rakernas akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah tahun 2015 dan penyerahan piagam penghargaan pemerintah, menerima penghargaan pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Keuangan atas prestasi menyusun LKPD tahun 2014 dan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Walikota Manado GSVL merupakan satu diantara 50 Walikota yang menerima penghargaan serupa dari Menteri Keuangan RI, Bambang PS Brodjonegoro. Termasuk Walikota Tomohon, Walikota Bitung, Walikota Kotamobagu, juga diberikan kepada 150 bupati, 26 gubernur termasuk Gubernur Sulawesi Utara yang penghargaannya diterima Sekdaprov mewakili Gubernur dan 62 Menteri/Pemimpin Lembaga Nasional.

Pemerintah Pusat Akui Komitmen Walikota Manado Perangi Korupsi

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution yang membuka langsung Rapat Kerja Nasional Akuntasi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2015 tersebut, menegaskan, gubernur dan bupati yang sukses menjadikan daerahnya meraih WTP patut diberikan apresiasi khusus.

Pasalnya, mendapatkan opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bukan pekerjaan mudah. Butuh komitmen dan keseriusan kepala daerah beserta jajarannya untuk mempelopori pemberantasan korupsi dan penyelewengan anggaran. "Kita harus apresiasi lebih kepada kepala daerah yang daerahnya mendapatkan opini WTP dari BPK. Tentu itu adalah bukti nyata kepala daerahnya berperang melawan korupsi dan itu bukan hal mudah untuk dilakukan," tegas mantan Gubernur Bank Indonesia itu saat memberikan sambutan.

Nasution menuturkan, kinerja kepala daerah yang bisa menjaga aparaturnya mengelola keuangan secara transparan, merupakan salah satu revolusi mental yang layak dipertahankan. Apalagi, hanya sebagian kecil saja daerah yang bisa mendapatkan WTP, di mana Kota Manado menjadi salah satu dari 50 kota yang menerima penghargaan

Penghargaan Menkeu pada Pemerintah Kota Manado

Diketahui, perjuangan panjang Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut untuk memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) memang pantut diacungi jempol. Pasalnya, pada tahun 2011 BPK memberikan opini Tidak Wajar (TW), kemudian tahun 2012 meningkat menjadi opini Wajar Dengan Pengecualian (DDP), demikian juga dengan tahun 2013 memperoleh opini Wajar De ngan Pengecualian (WDP), nanti pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2014, Pemerintah Kota Manado memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Dengan Paragraf Penjelas (DPP).

Penghargaan tersebut atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2014 dengan capaian standar tertinggi dalam akutansi dan pelaporan keuangan pemerintah.
Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut bersama jajaran Pemkot Manado saat menerima opini WTP dari Drs Andi K Lologau Kepala BPK Perwakilan Sulut

"Terima kasih untuk semua, atas kerja keras bersama ini. Mari tingkatkan keberhasilan ini dan pertahankan penghargaan opini WTP dari BPK untuk tahun-tahun berikutnya,"ingat GSVL.(LIPUTAN KHUSUS).