Mokodongan: Sulut Siap Eksport Kentang

Manado-Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) akan merintis program rediversifikasi pangan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat Sulut pada beras. Dua pihak ini akan memfasilitasi pengembangan klaster kentang di daerah Modassi yakni Modoinding (Minahasa Selatan), Modayag (Bolaang Mongondow Timur), dan Passi (Bolaang Mongondow).

Hal tersebut dibicarakan secara serius dalam pertemuan antara Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Ir. Siswa Rachmat Mokodongan dengan pihak Bank Indonesia dibawah pimpinan langsung Pemimpin BI Manado Dr. Ramlan Ginting, Peneliti Ekonomi BI Eko Siswantoro, dan Analis Muda BI Dicky Kolanos. Sementara pihak Pemprov turut hadir Kadis Pertanian dan Peternakan (Distanak) Sulut Johanis Panalewen dan Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sulut Dr. Adri Manengkey.

Menurut Mokodongan, klaster kentang ini harus diawali dengan mencari solusi yang tepat untuk bagaimana menghasilkan produk kentang yang benar-benar berkualitas. Dengan hasil yang bagus maka kentang yang diproduksi bukan tidak mungkin berpeluang untuk diekspor ke mancanegara tahun 2015 mendatang. Dan hal ini sementara diupayakan oleh pihak Pemprov.

“Selain membekali para petani, langkah yang akan ditempuh yakni didorong dengan sentuhan teknologi sehingga bisa mencapai kualitas grate satu dengan ukuran yang lebih besar sehingga bisa laku di pasar internasional,” jelas Mokodongan.

Menurut Mokodongan, dengan adanya pengembangan klaster kentang di Modassi diharapkan mampu meningkatkan produksi kentang yang saat ini masih sekitar 20 ton per hektar. “Dengan sistem klaster kentang kiranya bisa meningkatkan produksi sampai 30 ton per hektar,” ujar Mokodongan sembari berharap kiranya klaster kentang ini juga akan mampu mensejahterakan masyarakat khususnya petani kentang.

‘’Kalster kentang ini juga akan memfasilitasi kelompok usaha atau industri yang saling melengkapi, bersaing dan saling tergantung dalam upaya meningkatkan daya saing kelompok usaha, terutama melalui ekspor barang dan jasa,’’ tambah mantan Penjabat Walikota Kota Mobagu tersebut. (Tim/sulutonline)

It is possible to stay your

It is possible to stay your ambitions, but as long as you
might be ready to agree to them.

I all the time emailed this

I all the time emailed this weblog post page to all my associates, for
the reason that if like to read it then my friends will too.

Here is my web-site; weight loss patches, Katie,

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options