Raih WTP Dari BPK, GSVL Torehkan Tinta Emas

Walikota GSVL saat menerima LKPD untuk opini WTPWalikota GSVL saat menerima LKPD untuk opini WTP

"Ini Hadiah Buat Warga Manado"

Manado–Setelah melalui perjuangan dan upaya kerja keras. Akhirnya Kota Manado di bawah kepemimpinan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Harley Mangindaan serta Sekretaris Daerah Kota, M.H.F. Sendoh, Rabu (17/06/2015). menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK Perwakilan Sulut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2014.

Dengan mengacu pada Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) yang ditetapkan pada peraturan BPK RI no 1 Tahun 2007. Standar tersebut mengharuskan BPK merencanakan dan melaksanakan pemeriksaan agar BPK memperoleh keyakinan memadai bahwa laporan keuangan bebas dari salah saji material.

Pemeriksaan meliputi penilaian, atas dasar pengujian, bukti - bukti yang mendukung jumlah dan pengungkapan dalam laporan keuangan. Pemeriksaan juga meliputi penilaian atas standar akuntansi pemerintah yang digunakan oleh pemerintah atau entitas yang diperiksa, serta penilaian terhadap penyajian laporan keuangan secara keseluruhan.
Walikota GSVL Torehkan Tintas Emas dengan perolahan WTP dari BPK
Berdasarkan hal tersebut maka posisi keuangan pada 31 Desember 2014, realisasi anggaran, arus kas dan catatan atas laporan keuangan untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut sesuai dengan Standar Akuntasi Pemerintah (SAP). Sehingga BPK memberikan opini WTP-DPP.

"Selamat atas seluruh kerja keras para Kepala SKPD, Pengelola Keuangan, dan Pengelola Aset serta seluruh stakeholder terkait. Prestasi ini tentu sangat membanggakan. Hari ini setelah 15 tahun, kita berhasil meraih predikat WTP," terang Walikota GSVL.
Foto bersama jajaran Pemkot Manado bersama Ketua BPK Perwakilan Sulut
Capain ini menurut GSVL merupakan hadiah terbesar bagi warga kota Manado.”Mari kita jadikan Manado lebe bae lagi,”ingat GSVL yang berhasil torehkan sejarah emas di kota Manado.

Dewan Akui Pemkot Manado Bersih dan Transparan

Ketua Dewan Kota Manado Noortje Henny Van Bone, apresiasi pada GSVL atas hasil dan prestasi yang di raihnya dalam pengelolaan keuangan daerah tersebut.
Ketua Dewan Manado nortje Van Bone
Setelah di periksa oleh Badan Pengelolaan Keungangan (BPK), pemerintah Kota Manado dibawah kepemimpinan Walikota GSVL mencapai hasil maksimal dengan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).”Saya selaku ketua DPRD Kota manado turut apresiasi atas opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang telah di raih bapak GSVL selama membangun kota Manado, karena setelah sekian lama baru kali ini Manado di bawah kepemimpinan bapak GSV Lumentut mampu meraih prestasi tersebut,”ingat Van Bone.

Dengan peristiwa bersejarah ini maka, membuktikan bahwa pemerintah kota Manado di bawah kepemimpinan GSV Lumentut terbukti berhasil membawa Manado bersih dari KKN, Membangun dengan iklas dan bertanggung jawab.
Anggota DPRD Manado Vanda Pinontoan
Anggota DPRD Manado Vanda Pinontoan mengatakan, perolehan WTP yang pertama kali ini, merupakan kebanggaan bagi masyarakat kota Manado.”Artinya masyarakat dapat menyaksikan keseriusan pemerintah kota Manado dalam melakukan perbaikan mengenai pengelolaan keuangan serta asset daerah,’kata Pinontoaan.

Pinontoan berharap, pemkot Manado dapat mempertahankan Opini WTP dari BPK di tahun mendatang guna menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan yang sedeang dan akan berjalan nanti.

Ditambahkan Pinontoan, dangan adanya kesimpulan hasil pemeriksaan BPK bahwa laporan keuangan Pemkot Manado tahun anggaran 2014 lalu memenuhi standar akuntansi pemerintah dan prinsip-prinsip opini WTP.”Semoga Pemkot Manado akan lebih baik kedepan,”tandas Pinontoan.
Anggota DPRD Manado dari Fraksi Gerindra Mona Kloer
Anggota DPRD Manado dari Fraksi Gerindra Mona Kloer mengatakan, torehan ini merupakan hasil karya dari jajaran pemerintah Kota Manado dan di barengi dengan sinegritas dan dedikasi yang tinggi, sehingga dalam hal pengelolaan aset serta keuangan menjadi jelas dan transparan.

“Saya kira hal ini patut menjadi kebanggaan bagi kita semua sebagai warga Manado, sebab, prestasi ini merupakan wujud dari kemajuan kota Manado. Betapa tidak, torehan ini adalah satu contoh keberhasilan dalam hal kinerja Pemkot, dan itu pasti akan berdampak ke masyarakat tentunya. Untuk itu, saya pribadi mengapresiasi pencapaian yang sudah di raih ini,” kata srikandi muda ini.(LIPUTAN KHUSUS)