Ringkuangan: Siap Undur Diri Jika Rehab Rudis Tidak Selesai

Jemmy RingkuanganJemmy Ringkuangan

Tumbelaka Kembali Pertanyakan Tempat Nginap Gubernur

Manado
-Kepala Biro Umum Setdaprov Sulut Jemmy Ringkuangan menyatakan akan mundur diri sebagai Kepala Biro jika perbaikan Rumah Dinas (Rudis) gubernur Sulut tidak selesai dalam pekan ini. Pernyataan keras ini terpaksa dia lontarkan karena sampai, Kamis (08/10/2015) penjabat Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono masih nginap di salah satu hotel di Manado, sehingga ditanggapi berbagai kalangan.

"Saya siap mundur jika pekan ini perbaikan rumah dinas tida selesai. Yang pasti, Selasa pekan segera akan ditempati. Tentunya sambil menunggu kesiapan penjabat gubernur Sulut. Ya…sebagai orang Timur tentunya rumah dinas tersebut harus didoakan dulu,”katanya pada sejumlah wartawan di kantor gubernur.

Ringkuangan mengatakan bahwa alasan penjabat gubernur DR Soni Sumarsono dan keluarga beserta seluruh ajudanya masih tinggal di hotel, karena ada perbaikan serta renovasi fasilitas di rudis Bumber. Ringkuangan menambahkan akan terus memberikan fasilitas terbaik bagi Penjabat gubermur Sulut. "Staf saya bersama pekerja juga terus bekerja 1×24 jam untuk perbaikan rumah dinas gubernur,"terang Ringkuangan.

Sementara itu terkait anggaran pembayaran ke hotel dijelaskan Ringkuangan itu merupakan operasional pimpinan, sehingga itu sudah tertata dalam APBD Provinsi Sulut. Dari perkiraan satu kamar hotel dalam tiga pekan digunakan penjabat Gubernur dengan harga Rp 800 ribu dikalikan 21 hari berjumlah Rp 168 juta dikalikan 5 kamar Rp 840 juta, dimana 4 kamar diberikan untuk ajudan pak Gubernur dan ibu serta satu ruangan tamu.

Sebelumnya, pengamat politik dan pemerintahan Tumbelaka Tumbelaka, mempertanyakan anggaran sewa hotel tersebut. Padahal rumah jabatan sudah tersedia. Sebaiknya saran Tumbelaka, Penjabat Gubernur yang mempunyai gebrakan sangat hebat di Sulut ini, sudah masuk di rumah dinas sebagai rumah jabatan, karena itu merupakan fasilitas negara yang disiapkan agar para tamu yang datang sudah tidak lagi binggung saat bertemu dengan Gubernur.

Apalagi terangnya, di rumah dinas di Bumi Beringin sudah ada ruangan rapat, serta beberapa fasilitas lain, dan itu patut diberikan apresiasi bagi mantan Gubernur Dr SH Sarundajang yang sudah menyiapkan hal ini sehingga dapat digunakan oleh penjabat Gubernur.

Dijelaskannya pula, bila memang masih direhab sebaiknya dipercepat agar penjabat Gubernur dapat melakukan aktivitas tanpa hambatan apapun termasuk dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Sulut, karena kalau di hotel dipastikan daya gerak terbatas, karena hotel bukan hanya Gubernur tetapi juga para tamu lainnya.(tim/sulutonline).