GSVL Tindaklanjuti Rencana Kerjasama Dengan Provinsi Qingdao China

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut (Foto Ist)Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut (Foto Ist)

Manado-Berbagai ide brilliant terus ditelorkan Pemerintah Kota Manado melalui Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut untuk memajukan ibukota Provinsi Sulut ini. Kali ini, melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Manado, gagasan untuk mensejahterakan warga Kota itu, akan ditindaklanjuti dengan rencana penandatanganan Kerjasama Sister City kedua belah pihak.

Kepala Bappeda Bart Assa, Rabu (14/10/2015) menyebutkan, rombongan Provinsi Qingdao sebanyak 17 orang ini akan menghadiri rencana Penandatanganan Kesepakatan yang akan dilaksanakan pada 30 Oktober 2015 tersebut, adalah hasil tindak lanjut penandatangaan LoI yang lalu antara kepala Bappeda dan Pejabat Kerjasama LN kota Qingdao tahun lalu.

“Nantinya Walikota Manado akan melakukan penandatangan tersebut bersama Pemerintah Provinsi Dewan Kota Qingdao China,”ungkapnya.

Dikatakan, persetujuan antara Kota Qingdao dari Republik Rakyat Cina dan Kota Manado Republik Indonesia tentang Kerjasama Sister City ini, sesuai dengan prinsip-prinsip Joint Komunike Pembentukan Hubungan Diplomatik Aantara Republik Rakyat Cina dan Republik Indonesia untuk tujuan lebih meningkatkan dan mengembangkan persahabatan dan kerjasama antara masyarakat Cina dan Indonesia, dan melalui konsultasi yang ramah, telah sepakat untuk membangun hubungan koperasi ramah (Kerjasama Sister City).

Kedua belah pihak sepakat untuk membuat upaya bersama, atas dasar kesetaraan dan saling menguntungkan, untuk mempromosikan orang-ke-orang kontak ramah dan ekonomi dan perdagangan interflow antara kedua kota, dan secara aktif melakukan pertukaran dan kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, laut, budaya, olahraga, kesehatan, pendidikan dan lain lain.

“Kesepakatan ini, akan dibuat dalam rangkap dua dalam bahasa-bahasa Cina dan Inggris,’terang Assa.

Qingdao atau sebelumnya Tsingtao, adalah sebuah kota di timur Provinsi Shandong di pantai timur dari Cina. Qingdao adalah Kota utama pelabuhan, pangkalan angkatan laut, dan pusat industry dan memiliki jembatan laut terpanjang di dunia.(tim/sulutonline).