Gubernur Kumpul Bupati Walikota Bahas Issu Strategis

Penjabat gubernur saat Rakor bersama BPenjabat gubernur saat Rakor bersama Bupati dan Walikota serta unsur Forkompimda dan jajaran Pemprov Sulut

Manado-Penjabat Gubernur Sulut DR Sumarsono MDM, Selasa (13/10/2015) lalu, diruang rapat CJ Rantung mengumpulkan para Bupati Walikota se- Sulut untuk membahas Lima issu strategis yang terjadi di Sulut.

Isu pertama yang dibahas, yakni upaya percepatan penyerapan anggaran, pilkada serentak 2015, program Nawacita 2016, permasalahan kekeringan dan dampak perubahan iklim serta evaluasi penerapan anggaran berbasis akrual.

Menurut Sumarsono, kelima hal yang menjadi isu strategis terebut supaya dapat disikapi dengan arif dan bijaksana, oleh Bupati Walikota agar masyarakat bisa merasa terlindung. Seperti upaya percepatan penyerapan anggaran, agar bisa terlaksana tepat waktu, tepat sasaran dan tepat pengelolaannya perlu ada komitmen dari Bupati Walikota sehingga realisasi fisik maupun keuangan tidak terjadi keterlambatan.Karena itu diperlukan upaya strategis untuk mendorong percepatan penyerapan anggaran yang lebih efektif agar masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan di daerah.

Seiring dengan Pilkada serentak, menjadi harapan Sumarsono agar pemda kabupaten kota mendukung baik dari segi pendanaan, SDM maupun infrastruktur.”Suksesnya pilkada ini juga telah menjadi komitmen saya secara pribadi selaku Penjabat Gubernur Sulut,”terangnya.

Sumarsono juga telah menetapkan program Tri Karya yaitu mengamankan Pilkada serentak agar bisa berjalan lancar, aman dan sukses, menjaga iklim kondusif serta melaksanakan tugas tambahan yang diberikan pemerintah pusat.

Sementara untuk program Nawacita, Sumarsono menyebutkan, postur plafon program yang tersedia dalam APBD 2016 harusnya sesuai dengan program Nawacita. Karena itu, APBD Provinsi sudah direvisi kembali untuk disesuai dengan agenda pembangunan Nawacita.

Terkait dengan upaya mengatasi dampak kekeringan dan perubahan iklim, maka Penjabat Gubernut Sulut ini memintakan agar mewaspadai musim kemarau yang berkepanjangan dengan membentuk Satgas penanggulangan kemiskinan, tidak membuang puntung rokok sembarangan, tidak melakukan pembakaran di perkebunan ataupun hutan-hutan, melakukan gerakan menanam jika telah tiba pada musim penghujan.

Karo Pemerintahan dan Humas DR Jemmy Kumendong MSi menambahkan, usai Rakor Gubernur Sumarsono melanjutkan rapat Forkompinda Sulawesi Utara yang membahas tentang persiapan Pilkada serentak pada Rabu 9 Desember 2015 mendatang, yang juga turut dihadiri oleh para Bupati Walikota serta Kapolres dan Dandim se Sulawesi Utara. (tim/sulutonline).