Sumarsono Ziarah ke Makam Kyai Modjo dan Sam Ratulangi

Papan nama menPapan nama menuju makam Kyai Modjo beserta pasukannya di desa Woloan Kecamatan Toulimambot Minahasa (Foto Ist)

Manado-Disela-sela kesibukannya sebagai penjabat Gubernur Sulut, DR Soni Sumarsono menyempatkan diri untuk ziarah ke makam Kyai Modjo dan Sam Ratulangi di Tondano, Minahasa pada Kamis (15/10/2015) sore.

Menariknya, dalam ziarah tersebut, Sumarsono selain didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut Ny Dra Tri Rachayu Sumarsono, juga berkesempatan bersilahturahmi dengan segenap warga masyarakat keturunan pengikut Pahlawan Nasional Kyai Modjo di desa Wulauan Kecamatan Tolimambot Minahasa hanya beberapa menit setelah melewati Kampung Jawa Tondano atau Kampung Jaton.

Perkampungan ini berpenghuni lebih dari 1800 jiwa keturunan pengikut Pangeran Diponegoro yang dibuang ke Tondano pada tahun 1929, serta keturunan pejuang lainnya yang dibuang Belanda ke Kampung Jaton ini. Kyai Modjo adalah penasehat spiritual Pangeran Diponegoro yang mengobarkan perang Jawa melawan pasukan Kolonial Belanda pada 1825-1830.(tim/sulutonline).
Penjabat Gubernur saat berada di Makam Sam Ratulangi
Penjabat Gubernur bersama Ketua TP PKK bersama jajaran Pemprov Sulut saat berada di makam Kyai Modjo