Pesawat Waterbom Tiba Kamis, Siap Padamkan Api Klabat

Pesawat Waterbom Bantuan Australia (Foto Ist)Pesawat Waterbom Bantuan Australia (Foto Ist)

Permohonan Sumarsono Disetujui Permohonan Pemerintah Pusat

Manado-Permohonan Penjabat Gubernur Sulawesi Utara DR Soni Sumarsono mendatangkan pesawat air traktor untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan dari udara (water bombing), telah disetujui pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pesawat bantuan pemerintah Australia tersebut baru dapat diterbangkan Kamis (22/10/2015) pagi karena harus melewati security clearance yang ketat. Ini prosedur tetap yang normal. Pesawat waterbom akan mengambil route Halim Jakarta- Semarang- Banjarmasin- Balikpapan-Gorontalo- Manado.

Sementara, kesiapan di Manado sudah dilakukan gladi bersih Selasa (20/10/2015) di VIP room Pemda dipimpin langsung Danlanudsri.Gladi dihadiri Asisten1, Kadishut, Ka BPPD, Ka Biro SDA, Kadis Perhubungan, Pemkab Minut.

Logistik dan air sudah disiapkan oleh BPPD dan instansi terkait."Saya berharap, sesuai rencana dimana pemadaman kita lakukan dari udara maupun darat secara simultan dengan melibatkan aparat TNI, Polri, Pemda, para relawan, dan masyarakat setempat," kata Sumarsono seraya menyebutkan semoga titik api cepat padam.”Mari kita berdoa semoga bencana ini segera dapat diatasi dengan baik,"harap Sumarsono

Sumarsono tak lupa menyampaikan terimakasih atas dukungan semua pihak guna kelancaran operasi ini.(tim/sulutonline).